Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dewan Pers Kirim “Surat Salah Alamat”, Ini Klarifikasi Teropongnews.com

0 196

Makassar, TN – Teropongnews.com akhirnya menyampaikan surat balasan kepada Dewan Pers atas surat Dewan Pers  Nomor :007/TN-JK/VIII/2019, perihal  Permintaan Klarifikasi Pemuatan Hak Jawab I . Hal ini dilakukan, setelah adanya “surat salah alamat” Dewan Pers yang nyasar ke redaksi Teropongnews.com dengan Nomor: 515/DP-K/VII/2019 tertanggal 30 Juli 2019 perihal permintaan klarifikasi/pemuatan hak jawab, atas adanya pemberitaan  yang berjudul “Arogan ! Kepala BKIPM Makassar Pukul Meja Depan Wartawan“, yang diadukan telah diberitakan/dimuat oleh media Teropongnews.com pada edisi Rabu, 20 Maret 2019.

Dewan Pers dinilai  telah melakukan kekeliruan, dan salah alamat perihal permintaan klarifikasi kepada pihak Teropongnews.com. Pasalnya, pemuatan berita yang berjudul “Arogan ! Kepala BKIPM Makassar Pukul Meja Depan Wartawan“, lantaran bukan bersumber dari media tersebut (Teropongnews.com) lewat web resminya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim IT Teropongnews.com, ternyata terdeteksi jika berita yang dimaksudkan dipublish oleh situs/web www.teropongnews.id, meskipun link tersebut saat ini tidak dapat  diakses lagi, namun jejak digitalnya masih dapat diketahui.

Selain itu, di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) Teropongnews.com baru memiliki wartawan/kontributor sejak 1 Mei 2019 hingga saat ini, sedangkan berita yang diadukan terbit pada edisi 20 Maret 2019.

Seharusnya, pengadu dan Dewan Pers sebelum melayangkan somasi berupa permintaan klarifikasi dan hak jawab 1, sepatutnya, terlebih dahulu melakukan pemeriksaan dan penelitian kepada media yang diadukan.

Pihak Teropongnews.com sendiri secara tegas menolak untuk mengklarifikasi/memuat hak jawab 1 kepada pengadu dalam bentuk pemberitaan ataupun permohonan maaf, lantaran seluruh aduan yang dilayangkan jelas kabur, salah alamat, tidak cermat dan tidak tepat, serta keliru.

Untuk itu, pihak Dewan Pers diminta untuk melakukan klarifikasi kepada pengadu dan teradu, terkait keabsahan legal standing dari persoalan ini.

Surat balasan tersebut disusun oleh Tim Divisi Hukum Teropongnews.com dan ditandatangani oleh Imam Mucholik selaku Pemimpin Redaksi Teropongnews.com pada 4 Agustus 2019 yang selanjutnya dikirin ke Dewan Pers di Jakarta.

Teropongnews.com juga akan meminta konfirmasi kepada kepala BKIPM Makassar terkait pengaduannya kepada Dewan Pers.

Anda mungkin juga berminat