Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Devisi SDM dan Pasmar KPU R4, Lakukan Supervisi dan Monitoring Tahapan Pemilu

0 94

Waisai, TN- Panitia Pemilihan Distrik (PPD) distrik Waigeo Selatan, distrik Meosmanswar, distrik Waigeo Barat Kepulauan dan distrik Waigio barat daratan, Jumat (8/3) mendapat kunjungan supervisi dan monitoring dari Korwil Daerah Pemilihan (Dapil) 5, Komisioner KPU Raja Ampat, devisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Arsyad Sehwaky, S.H.

Supervisi dan monitoring tersebut, terkait dalam tahapan penyusunan Daftara Pemilih tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) guna memberikan kepastian terhadap warga pemilih, agar dapat menyalurkan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang.

“Berkaitan dengan DPTb itu, bagi pemilh yang berKTP luar, yang tidak terdaftar di TPS asal, itu kami tidak bisa akomodir dalam DPTb. Namun yang bisa diakomodir dalam DPTb adalah pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT atau TPS asal yang bersangkutan,” ujar Arsyad, kepada teropongnews com, Minggu (10/3).

Terkait Daftar Pemilih Khusus (DPK), menurut alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sorong ini, adalah pemilih yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap akan diakomudir dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang kemudian KPU kabupaten Raja Ampat akan berkoordinasi dengan bawaslu Raja Ampat untuk diakomudir dalam DPT perbaikan akhir.

“Pemilih yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap akan diakomudir dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang kemudian KPU kabupaten Raja Ampat akan berkoordinasi dengan bawaslu Raja Ampat untuk diakomudir dalam DPT perbaikan akhir,” jelas laki-laki Seram, jebolan UMS Sorong ini.

Dikatakan, selain supervisi dan monitoring yang dilakukan, pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap rekrutmen tenaga KPPS disetiap kampung di wilayah Dapil 5.

“Semua berkas yang berkaitan dengan rekrutmen KPPS berupa formulir pendaftaran, surat pernyataan dan pakta integritas dari calon anggota KPPS sudah kami serahkan kepada PPS melalui PPD,” imbuhnya.

Dirinya berharap Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 dari setiap tahapan akan berjalan dengan benar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Selain itu juga pigaknya, melakukan sosialisasi pemilih pindahan, tatacara pencoblosan dan hari pemungutan suara serta simulasi terhadap formulir C1 Plano dan DAA1 Plano, hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada penyelenggara Pemilu ditingkat bawah.

Anda mungkin juga berminat