Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dermaga Speedboat Rute Tidore-Ternate Bakal Dipindahkan

0 55

Ternate, TN – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas 3 Kota Tidore Kepulauan serta Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate bakal memindahkan aktivitas speedboat rute Pelabuhan Rum Tidore ke Pelabuhan Bastiong Ternate, bakal dipindahkan ke Pelabuhan Semut Mangga Dua Ternate.

Langkah ini diambil, pasca insiden tabrakan speedboat dan kapal kayu, beberapa hari lalu.

Kepala KSOP Ternate, Taher Laitupa mengatakan, alasan pemindahan itu, lantaran Pelabuhan Bastiong sangat padat dengan aktivitas kapal. Selan itu, fasilitas sandar untuk speedboat sudah tidak memadai. Sebab kolam labuh pelabuhan cukup sempit.

Taher mengaku enggan memindahkan speedboat tersebut. Karena ada ada asas kebersamaan yang tercipta. “Hanya saja, ini soal kenyamanan dan keselamatan penumpang. Konstruksi pelabuhannya kan terbuat dari kayu. Ini berbeda dengan Pelabuhan Semut,” katanya.

Terpisah, Kepala Koperasi Unit Desa (KUD) Sadar, Hanafi Fabanyo mengatakan, pihaknya akanmembayar ke PT.Pelindo IV Cabang Ternate sebesar Rp 3,5 juta per bulan, dan ini berdasarkan kesepakatan. “Pembayaran itu dihitung sekaligus dengan kapal kayu. Itu diluar dari Pembayaran Negara Bukan Pajak (PNBP),” katanya.

Anda mungkin juga berminat