Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Deklarasi Damai, Puluhan Ekor Burung Merpati Dilepas ke Udara

0 102

Aimas, TN – Untuk kesekian kalinya, seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sorong mendeklarasikan kedamaian dan mengukuhkan persatuan antarsuku bangsa. Kali ini, kegiatan yang diinisiasi Bakesbangpol Kabsor ini dilakukan di alun-alun Kota Baru Aimas, Kamis (12/9/2019) dan diikuti ratusan warga dari berbagai elemen.

Selain pengucapan deklarasi damai oleh tokoh masyarakat Malamoi, dalam kegiatan ini juga dilakukan pelepasan burung merpati oleh unsur Forkopimda Kabupaten Sorong, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh perempuan sebagai simbol perdamaian.

Kegiatan yang mengambil tema Kita Bersama Menjaga Persatuan dan Kedamaian Kabupaten Sorong ini, dihadiri Wakil Bupati Sorong, Kapolres Sorong, Dandim Sorong, Danlantamal 14, Danrem 181, Danpasmar 3, KNPI, mahasiswa, tokoh pemuda, agama dan tokoh masyarakat serta tokoh adat.

“Situasi kamtibmas Kabupaten Sorong yang sampai saat ini cukup kondusif, harus terus kita pertahankan, agar berbagai peristiwa yang tidak kita inginkan, tidak terjadi. Meski demikian, kita harus antisipasi dan waspadai tentang perkembangan situasi selanjutnya, terutama informasi-informasi yang membuat satu peristiwa yang sangat sangat memprihatinkan di daerah Papua dan Papua Barat,” kata Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono S.Sos MSi.

Terjaganya situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Sorong, menurutnya, karena ada nilai kebersamaan terutama dari Bupati dan seluruh unsur Forkopimda, pimpinan TNI Polri dengan tokoh masyarakat, adat, agama, yang bersama-sama menjaga wilayah agar tidak terprovokasi dengan isu-isu perkembangan yang ada di luar Kabupaten Sorong.

“Maka dari itu, hari ini adalah komitmen kita bersama untuk terus menjaga wilayah kita,” tandasnya.

Cornelius Usili, Ketua LMA Malamoi membacakan deklarasi damai di alun-alun Aimas, Kamis (12/9/2019).

Sebelum pelepasan burung merpati, Cornelis Usili, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Malamoi didaulat untuk membacakan deklarasi damai dihadapan ratusan peserta. Selengkapnya, berikut isi pernyataan itu;

Kami seluruh masyarakat Kabupaten Sorong berkomitmen untuk bersama sama menjaga keamanan, kerukunan dan kedamaian.

Kami seluruh masyarakat Kabupaten Sorong tidak akan terpengaruh dengan isu isu provokatif, yang akan memecah belah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kami mengutuk dan menolak dengan tegas segala bentuk diskriminasi dan rasisme kepada siapapun dan dimanapun.

Anda mungkin juga berminat