Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dalam Sehari, Petugas Tegur Ribuan Orang Yang Mengunyah Pinang Di Area RSUD Biak

0 145

Biak,TN – Dalam sehari, petugas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak Numfor, sudah menegur dan melarang sebanyak 5.000 orang tidak boleh mengunyah dan meludah sirih pinang sembarang di area RSUD.

Hal tersebut membuat Direktur RSUD, dr.Ricardo Mayor menjadi resah dan bertekad menciptakan lingkungan sehat dan bersih diarea kepemimpinanya.

“Jika dalam sehari kami menegur 5.000 lebih orang untuk berhenti mengunyah dan meludah pinang sembarangan, maka dalam setahun kami sudah melarang puluhan juta orang. Hal ini sangat disayangkan sekali. Padahal RSUD merupakan area yang harus bersih dan sehat,”katanya kepada media ini, kamis (27/6).

Selain itu, pihak RSUD melarang mengunyah dan meludah sirih pinang karena, hal tersebut dapat menularkan penyakit seperti Tubercle Bacillus (TB) dan sejumlah bakteri melalui udara.

Dijelaskan, Direktur bahkan berdasarkan hasil penelitian di Universitas Hassanudin Makassar bahwa dengan meludah pinang sembarangan itu dapat berpotensi besar menyebarkan penyakit, terutama Tb atau penyakit-penyakit lain yang dapat ditularkan melallui udara. Karena apabila yang mengunyah pinang itu seorang pengidap TB dan yang sehat tidak tahu, maka pada saat itu juga jutaan bakteri TB bertebaran di udara dan itu tentu bisa menular kepada kesehatan orang lain.

Kemudian, jika pengunyah pinang menggunakan satu wadah kapur yang sama dengan orang lain, hal itu juga dapat menularkan Hepatitis B atau Hepatitis C.

Menurutnya, semua orang yang berada di area RSUD harus memiliki rasa cinta akan lingkungan yang sehat dan bersih. Sebab baginya, tidak etis jika seseorang berjalan sambil mengunyah sirih pinang dan meludah di sembarang tempat.

Walaupun demikian, ia menyayangkan bahwa masih banyak orang di area RSUD yang belum mematuhi dan menyadari pentingnya lingkungan bersih dan sehat. Padahal, di sekitar RSUD sudah ditempelkan kertas berisikan larangan-larang tersebut.

Anda mungkin juga berminat