Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Cegah Masuknya Virus Corona, Bandara Mopah Dan Perbatasan RI-PNG Telah Dipasang BTS

0 134

Merauke, TN – Guna mencegah masuknya Virus Corona ke Merauke, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Merauke bekerjasama dengan Bandara Mopah memasang alat pendeteksi suhu tubuh manusia atau Body Thermal Scanner (BTS) di pintu masuk ruang kedatangan Bandara.

Selain itu, alat yang sama juga dipasang di Perbatasan RI-PNG Distrik Sota sejak Natal 2019 dan tahun baru 2020. Dipasang di dekat pintu kedatangan untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang pesawat yang datang ke Merauke guna mengantisipasi ada yang terinfeksi virus Corona.

“Tidak hanya berpatokan pada alat , pihak KKP juga melakukan pengecekan ulang secara manual menggunakan infrared. Kalau misalkan ditemukan, kita konsultasikan dengan dokter spesial dan rumah sakit daerah guna penanganannya dan akan ditempatkan di ruang isolasi.” jelas Perawat Kantor Kesehatan Pelabuhan Merauke, Heru Winarno di Ruang Kedatangan Bandara Mopah Merauke, Senin (27/01).

PLH Kabandara Merauke, Agus Kurniawan mengatakan, pemasangan alat BTS di Bandara ini sebagai bentuk proteksi untuk mencegah masuknya virus yang mematikan itu maupun penyakit berbahaya lainnya agar tidak menular ke warga Merauke.

Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, sebab Virus Corona diduga berasal dari hewan ke manusia yang muncul di Wuhan, Tiongkok, China. Semua yang terjangkit memiliki riwayat kontak dengan hewan.

Melalui alat BTS ini mampu mendeteksi setiap penumpang dalam radius sampai 10 meter. Alat telah disetting jika suhu tubuh berada di atas 38 derajat celcius maka alarm akan berbunyi sebagai pertanda bahwa penumpang tersebut perlu diidentifikasi di ruang isolasi bandara untuk selanjutnya dirujuk ke rumah sakit dan ditangani secara khusus.

Anda mungkin juga berminat