Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambanop Telah Berpulang

0 231

Merauke, TN – Sekitar Pukul 5 pagi, Senin (13/01) Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Kemayoran Jakarta Pusat.

Beliau dikabarkan mempunyai riwayat penyakit jantung dan sementara mengkonsumsi obat untuk kesehatan jantung.

Pihak keluarga di Merauke sudah mempersiapkan untuk penjemputan almarhum yang akan disemayamkan di rumah duka Jalan TMP Polder Merauke.

“Sampai saat ini mereka ada outopsi lalu akan dibawa dari rumah sakit ke rumah yang nanti nginap sementara. Kemudian akan diberangkatkan Senin malam dan akan tiba di Merauke hari Selasa (14/01) pagi,” jelas Kabag Protokoler Setda Kabupaten Boven Digoel, Albertus Kutat di Merauke, Senin (13/01) kepada wartawan.

Ia mengatakan masyarakat Kabupaten Boven Digoel merasa kehilangan seorang pemimpin yang dianggap baik, ramah dan bersahaja.

“Kami sebagai warga merasakan duka yang mendalam dengan berpulangnya Pak Bupati Boven Digoel,” ucapanya.

Menurut Albertus, sejak menjalankan tugas sebagai Bupati Boven Digoel, almarhum telah membawa perubahan di kabupaten tersebut di semua bidang lebih khusus pembangunan SDM masyarakat di sana.

Prinsip almarhum, lanjut Kabag Protokoler, bahwa ketika SDM sudah siap maka akan dapat mendorong atau memudahkan pembangunan di bidang lainnya.

Kata Albert, sakit almarhum kambuh pada tanggal 26 Desember 2019. Saat itu bersama rombongan almarhum bergerak dari Boven ke Minati di daerah kampung. Dalam perjalanan kesana, beliau sakit, lalu bersama rombongan kembali dan bermalam di tengah jalan.

Selanjutnya, alrmarhum ceck up ke Jakarta bertepatan dengan HUT PDIP tanggal 10 Januari dan sempat menghadiri resepsi PDIP. Usai dari acara tersebut, rencananya, Senin (13/01) almarhum harus kembali dan dilanjutkan  mengikuti hajatan keluarga di Toraja.

“Hanya saja rencana Tuhan lain, pagi tadi beliau putus napas. Menurut informasi, malamnya beliau sempat sesak nafas dan dilarikan ke rumah sakit dan putus napas sekitar jam lima pagi,” jelasnya.

Sementara, istri almarhum dan keluarga sedang dalam perjalanan dari Toraja ke Makassar. Informasih lebih lanjut untuk memutuskan tempat pemakaman masih menunggu pihak keluarga.

Untuk diketahui, almarhum menjabat sebagai Bupati Merauke periode 2016-2021.

Anda mungkin juga berminat