Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Buka Sosialisasi Kewirausahaan, Walikota Ajak Peserta Ubah Pola Pikir

0 67

Ambon, TN – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengajak para peserta sosialisasi untuk mengubah pola pikir perihal pekerjaan. Ajakan tersebut disampaikan Walikota saat membuka Sosialisasi dan Motivasi Kewirausahaan Bagi Wirausaha Muda, di Ballroom Marina Hotel, Rabu (3/10). Demikian siaran pers yang diterima Teropongnews.com, dari Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Ambon, Kamis (31/10).

Dikatakan Walikota, saat ini Indonesia berada pada urutan ke-40 jauh dibawah negara-negara ASEAN lainnya terkait daya saing Entrepreneur.

“Per tahun 2017, Indonesia hanya memiliki Entrepreneur 3.1 Persen dari total jumlah penduduk. Sementara untuk negara-negara maju memiliki Entrepeneur diatas 14 Persen dari jumlah penduduknya,” jelas Walikota.

Hal ini tidak lepas dari pola pikir masyarakat yang masih berorientasi pada mencari pekerjaan saat menyelesaikan studinya. Selain itu, kata dia, rendahnya kapasitas SDM pelaku wirausaha serta regulasi yang belum mampu mengatasi persoalan sehingga menghambat perkembangan dunia wirausaha.

Menurut Walikota, hal yang sama juga terjadi pada para pemuda yang ada di Kota Ambon. Pola pikir yang demikian, harus segera diubah agar para pemuda di Ambon dapat bersaing baik dikancah nasional maupun internasional.

“Pola pikir yang berorientasi pada mencari lapangan pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan harus diubah dengan menciptakan sendiri lapangan pekerjaan,” terang Walikota.

Hal tersebut, lanjut Walikota, mendapat dukungan dari Pemerintah dilihat dari visi Pemerintah Kota Ambon periode 2017-2022, ‘Ambon yang Harmonis, Sejahtera dan Religius’ serta Misi, memberdayakan ekonomi keluarga dan masyarakat menuju kemandirian yang kreatif berbasis sumber daya alam yang tersedia.

“Sosialisasi yang dilaksanakan pada saat ini, adalah salah satu wujud dukungan Pemerintah untuk memberdayakan ekonomi keluarga dan masyarakat dengan meningkatkan jiwa usaha dikalangan pemuda yang ada di Kota Ambon,” ucap Walikota.

Walikota menambahkan, anak muda Ambon sudah saatnya harus terus didorong untuk memiliki jiwa yang entrepreneur sehingga dapat menggeliatkan ekonomi kota ini, sehingga mampu bersaing dengan kota-kota di daerah lain di Indonesia. pola anak muda Ambon harus diubah dari jiwa amtenaar menjadi jiwa wirausaha entrepreneurship.

“Iklim usaha yang kian kompetitif memaksakan para wirausahawan muda yang mampu bersaing menciptakan inovasi, sehingga diharapkan melalui program pembangunan dari Pemerintah lewat sosialisasi-sosialisasi dapat memberikan motivasi bagi semua peserta serta mampu mengubah pola pikir dan tindak untuk menciptakan wirausaha baru di Kota Ambon,” tandad Walikota.

Anda mungkin juga berminat