Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Buka Festival Pesona Misool 2019, Bupati R4 Undang Wisatawan Kunjungi Misool

0 420

Misool, TN- Setelah festival Pesona Bahari Raja Ampat 2019 dan festival Gemarikan Raja Ampat 2019, kini pemerintah kabupaten (Pemkab) Raja Ampat kembali menggelar event festival Pesona Misool 2019 yang dipusatkan di kampung Harapan Jaya distrik Misool Selatan, Raja Ampat Papua Barat, Sabtu (23/11).

Event tersebut dibuka secara resmi oleh bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati (AFU) dan dihadiri seluruh komponen masyarakat dari 4 distrik di Kepulauan Misool, beserta unsur Forkopimda kabupaten Raja Ampat.

Festival Pesona Misool 2019 merupakan festival pertama dilakukan di wilayah Selatan Raja Ampat atau di kepulauan Misool dengat tujuan untuk mempromosikan objek wisata yang tidak kalah menariknya dengan objek wisata di bagian utara Raja Ampat.

Tarian setan gamutu meriahkan pembukaan festival Pesona Misool. Foto wim.

Bupati AFU dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Raja Ampat, khususnya masyarakat 4 distrik di kepulauan Misool untuk menjaga dan melestarikan potensi wisata mempesona dan tidak kalah menariknya dengan yang ada di kepulauan Waigeo.

“Raja Ampat mempunyai potensi wisata yang luar biasa menariknya, merata di empat pulau besar, Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool. Khusus di kepulauan Misool ini, ada sejumlah spot wisata yang tak kalah menariknya dengan spot spot wisata yang sudah dikenal di dunia,” tegas Abdul Faris Umlati dalam sambutannya.

Ia pun mengundang wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi sejumlah spot wisata menarik di kepulauan Misool. Misool memiliki destinasi wisata yang mempesona sudah sejak lama, hanya saja terkendala transportasi. Namun sekarang pemerintah telah membuka jalur transportasi laut menuju kepulauan Misool guna mempermudah kunjungan wisata di salah satu pulau terbesar di Raja Ampat itu.

“Jika di bagian utara Raja Ampat pemandangan dengan pulau-pulau karst yang spektakuler seperti Wayag dan Piyainemo, maka di bagian selatan ada puncak Harfat Dapunlol, Karwapop Love Lake dan Dafalen Love Lake. Ada juga danau ubur-ubur Tomolol dan danau ubur-ubur Lenmakana. Ada juga Gua Keramat dan Gua Putri Termenung. Semua ini adalah spot wisata yang harus dieksplor supaya duia tau,” lanjut bupati AFU sedikit primosi.

Bupati AFU berharap ada keterlibatan dan peran penting seluruh komponen masyarakat kepulauan Misool, guna menjaga dan melestarikan destinasi wisata di wilayah Selata Raja Ampat ini.

AFU juga berharap kepada pemilik hak ulayat pada sejumlah spot wisata di Misool untuk membuka diri memerima masuknya wisatawan asing maupun lokal yang akan berkunjung ke Misool, khususnya di spot-spot wisata yang ada.

Usai memberikan sambutan, bupati Abdul Faris Umlati mengajak seluruh unsur Forkopimda untuk bersama-sama membuka event festival Pesona Misool 2019, yang ditandai dengan menabuh tifa secara bersama-sama.

Seperti biasa Mitha Talahatu dan sejumlah artis lokal dihadirkan untuk menghibur masyarakat yang hadir dalam semarak pembukaan festival Pesona Misool 2019 di kampung Harapan Jaya distrik Misol Selatan.

Anda mungkin juga berminat