Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BPOM Manokwari dan Disperindag Raja Ampat Lakukan Uji Komoditi Pangan

0 149

Waisai, TN – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Manokwari bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Raja Ampat melaksanakan uji screening terhadap komoditi pangan kebutuhan sehari-hari di kota Waisai, Senin (12/8).

Pengawas Farmasi dan Makanan, Seksi Informasi dan Komunikasi BPOM Manokwari, Aan Sulistiyawan, kepada teropongnews.com mengatakan, bahwa uji screening ini dilakukan terhadap 100 komoditi pangan kebutuhan sehari-hari yang sering ditemukan di pusat kuliner yang berada di pasar kota Waisai. Ia menjelaskan, pengujian yang hari ini dilakukan yakni pengujian Borax, Formalin, Rhodamin B dan Metanil Yellow.

“Hasil sementara yang kami dapatkan, seluruh komoditi pangan yang diberikan pengujian bernilai negatif, hanya satu yang positif yakni uji formalin kepada salah satu komoditi panganan, namun hal ini akan kami lanjutkan di uji Lab di Manokwari agar memastikan hasil screening ini,” jelas Aan Sulistiyawan.

Kepala Seksi Perdagangan dan Pendaftaran Perusahaan Disperindag Raja Ampat, Maikel Mirino yang turut mendampingi pengujian menambahkan bahwa pengujian atas komoditi pangan kebutuhan sehari-hari yang berada di pasar kota Waisai yang dilaksanakan oleh BPOM Manokwari merupakan kerjasama rutin yang dilaksanakan bersama Disperindag. Tujuannya adalah memastikan komoditi pangan yang beredar di kota Waisai bebas bahan kimia yang memiliki efek buruk terhadap tubuh manusia.

“Hal ini rutin kami lakukan, karena Raja Ampat ini adalah Destinasi wisata, sehingga komoditi pangan yang diperdagangkan dan beredar di Raja Ampat, khususnya kota Waisai ini kami anggap perlu mendapatkan jaminan bebas dari bahan kimia berbahaya,” jelas Maikel Mirino.

Pantauan teropongnews.com, 100 jenis komoditi pangan yang mendapatkan pengujian oleh BPOM Manokwari ini diantaranya adalah bahan makanan segar, seperti ikan, dan ayam. Lalu bahan makanan olahan seperti ikan asin, terasi, berbagai jenis kue dan kudapan khas Raja Ampat. Juga produk minuman yang sering dinikmati oleh masyarakat kota Waisai.

Anda mungkin juga berminat