Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BPKAD Raja Ampat Sosialisasikan Perbup Perencanaan dan Pergeseran Anggaran

0 114

Waisai, TN – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kabupaten Raja Ampat menggelar Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) tentang Penganggaran Belanja Hibah dan Bantuan Sosial dan Perbup tentang Tata Cara Pergeseran Anggaran di aula Wayag kantor Bupati Raja Ampat, Jumat (5/7).

Kepada teropongnews.com, kepala BPKAD kabupaten Raja Ampat, Orideko Burdam, mengatakan bahwa dua Perbup yang telah mengikuti Permendagri nomor 32 tahun 2011, sebagaimana telah diubah dengan Permendagri nomor 123 tahun 2018 ini, dianggapnya perlu disosialisasikan kepada pimpinan OPD dilingkungan Pemda kabupaten Raja Ampat agar para pimpinan OPD tidak sekedar mengusulkan banyak program tanpa dikaji dan dipahami dengan baik terlebih dahulu.

“Mekanisme ini akan diawali lewat Musrenbang, yang kemudian menjadi Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang kemudian menjadi Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang lalu diusulkan oleh OPD terkait menjadi Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Yang sering terjadi, banyak usulan program yang kemudian diubah seenaknya untuk menyesuaikan, padahal tidak semudah itu, ada mekanisme yang harus dilalui,” jelas Orideko Burdam.

Menurutnya, lewat sosialisasi ini pun ia berharap bukan hanya pimpinan OPD maupun Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) memahami mengenai pengusulan hibah dan bansos serta mekanisme pergeseran anggaran, namun juga anggota DPRD Raja Ampat yang hadir dapat lebih menguatkan kerjasama dengan Pemda Raja Ampat dalam memahami mekanisme perubahan pada APBD tiap tahun.

“Dalam sosialisasi ini pun kami undang anggota DPRD, agar mekanisme perubahan dan pergeseran anggaran ini dapat dipahami dengan baik,” lanjut Orideko Burdam.

Informasi yang dihimpun teropongnews.com, narasumber sosialisasi ini adalah Kepala Subsidi Bidang Perencanaan Anggaran Daerah Wilayah IV Kementrian dalam negeri, Ihsan Dirgahayu M.Si, dengan dimana sebelumnya kegiatan ini diresmikan oleh Wakil Bupati Raja Ampat, Manuel Piter Urbinas S.Pi, M.Si

Anda mungkin juga berminat