Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BPK Temukan Uang Daerah Pemkab Taliabu “Raib” Di BRI

0 232

Ternate, TN – Pada tahun 2015 dan 2016, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Wilayah Maluku Utara (Malut) menemukan, jika ada uang senilai Rp 4 miliar milik Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu di Bank Rakyat Indonesia (BRI) “raib” alias hilang.

“Tahun 2015 dan 2016 itu, ada uang kas milik Pemerintah daerah Kabupaten Taliabu di BRI yang bisa dikatakan hilang. Anehnya, uang senilai Rp 4 miliar belum dikembalikan. Bahkan, mereka terlihat tidak peduli dengan hilangnya uang itu,” ungkap Kepala BPK RI Perwakilan Malut, M Ali Asyhar kepada wartawan, di Ternate, Kamis (16/1).

Namun Pemkab Taliabu, menurut dia, beralasan jika uang tersebut salah kirim.

“Yang menjadi pertanyaan, bagaimana mungkin uang daerah yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) salah kirim? Kalau memang salah kirim, kenapa sampai sekarang tidak diminta untuk dikembalikan oleh Pemkab Taliabu. Alasan tersebut bagi kami tidak rasional,” tegas dia.

Dari 10 kabupaten/kota dan provinsi, lanjut Asyhar, rata-rata memiliki banyak temuan. Pasalnya, selama ini temuan masih tinggi untuk masalah belanja modal maupun belanja barang dan jasa.

Anda mungkin juga berminat