Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BPJS Kesehatan Sorong Ajak FKTP Optimalkan Rujukan Horizontal Dengan Updating Profiling Di HFIS

0 288

Sorong, TN – Salah satu upaya memperkuat peran Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai gate keeper dalam memberikan layanan kesehatan dari Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah dengan ditetapkannya rujukan horizontal.

Rujukan horizontal sendiri merupakan rujukan antar pelayanan kesehatan dalam satu tingkatan yang mana mekanisme rujukan antar FKTP ke FKTP lain beserta jejaringnya yang memiliki kemampuan dan kelengkapan sarana prasarana yang dibutuhkan sebagai perwujudan fungsi koordinasi layanan.

Kepala Bidang Penjamian Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Hartati mengajak seluruh FKTP Kota Sorong mengoptimalkan Rujukan Horizontal tersebut.

“Pada pertemuan kami beberapa waktu yang lalu bersama FKTP kota Sorong tersebut untuk menyamakan pemahaman pihak FKTP terkait horizontal serta mendorong FKTP melakukan updating profiling pada aplikasi Health Facilities Information System (HFIS),”ujar Hartati, Selasa (29/10)

Dikatakannya, dalam implementasi rujukan horizontal, FKTP menjadi pilihan pertama tujuan rujukan yang berdasarkan hasil profiling dan mapping rujukan horizontal di Aplikasi HFIS. Berangkat dari hal tersebut, sebagai langkah awal optimalisasi rujukan horizontal nantinya hasil dari pertemuan tersebut diharapkan pihak FKTP dapat melakukan updating profiling di HFIS sesegera mungkin.

Hartati menjelaskan pelaksanaan rujukan horizontal sendiri menggunakan aplikasi Pcare yang telah terintegrasi dengan HFIS yang telah dilengkapi dengan hasil profiling masing-masing FKTP dan mengacu pada hasil kesepakatan mapping antara BPJS kesehatan dengan Dinas Kesehatan dan FKTP. Adapun profiling tersebut dibagi menjadi 2 yaitu profiling sarana prasarana dan profiling kompetensi.

Rujukan horizontal tersebut mendapatkan respon positif dari peserta yang hadir pada pertemuan tersebut salah satunya dr. Kartini sebagai Dokter Praktek Perorangan (DPP) yang menyampaikan rujukan horizontal tersebut dapat memperkuat fungsi FKTP sebagai gerbang pertama dalam memberikan layanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS.

“Kami pihak fasilitas kesehatan sangat mendukung adanya penguatan implementasi rujukan horizontal ini, kedepannya akan kami maksimalkan kelengkapan sarana prasarana kami untuk meningkatkan layanan kesehatan. Selain itu sebagai langkah awal akan kami pastikan update profil di HFIS mulai dari profiling sarana prasaran sampai kompetensi.” Tuturnya.

Di waktu yang sama, BPJS Kesehatan juga menyosialisasikan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 terkait pengembangkan sistem KBK kepada FKTP Kota Sorong.

Anda mungkin juga berminat