Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BNNP Malut Akan Lakukan Tes Urine Bagi TKA Asal China

0 91

Ternate, TN – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut), akan melakukan tes urine dan pengawasan secara ketat, bagi Tenaga Kerja Asing (TKA) asal dari China yang dipekerjakan oleh sejumlah perusahaan tambang di provinsi setempat.

“Kami juga akan focus ke TKA yang didatangkan di daerah ini. Memang berdasarkan data yang kami dapatkan, hampir setiap hari TKA datang ke daerah ini. Dan ini juga akan menjadi perhatian kami, karena TKA di pertambangan biasanya mereka gunakan narkoba sebagai alat doping,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba BNN Provinsi Malut, Haeruddin Umaternate kepada wartawan, di Ternate, Minggu (15/9).

Menurut dia, langkah yang sudah diambil BNNP Malut, yakni melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda), baik provinsi maupun kabupaten dan kota, untuk bisa diijinkan melakukan tes urine terhadap TKA asal China tersebut.

“Ini kita lakukan, karena berdasarkan laporan masyarakat, ada beberapa perusahaan tambang di Maluku Utara yang sudah seperti negara sendiri, jadi mereka bebas melakukan apa saja termasuk mengkonsumsi narkotika,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat