Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Blangko KTP Kosong, Tenang! Tidak Usah Panik. Ini Penggantinya..

0 344

Aimas, TN – Warga Kabupaten Sorong yang belum memiliki KTP Electronik dan sedang mengurusnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sejak Bulan Agustus lalu masih belum mendapatkan kartu identitas yang diharapkan itu. Penyebabnya, blangko untuk cetak KTP, hingga saat ini masih belum tersedia alias kosong.

Contoh Surat Keterangan pengganti KTP el.

Kendati demikian, masyarakat tidak perlu panik dan bisa tetap tenang, karena ada dokumen pengganti yang fungsinya sama persis dengan KTP. Untuk urusan apapun. Edi Siswanto S.Sos M.Si, Kepala Bidang Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Dispenduk Capil Kabupaten Sorong menjelaskan, dokumen pengganti KTP itu adalah Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Capil.

“Ini sebagai dokumen pengganti, selama KTP yang asli belum bisa dicetak. Fungsinya sama, mau digunakan untuk urusan apapun yang membutuhkan KTP, bisa,” kata Edi Siswanto, baru-baru ini.

Dalam selembar Surat Keterangan ini, juga tercantum detil identitas dari warga yang KTP aslinya, masih dalam proses pengurusan di Dispendukcapil. Mulai Nama, Alamat, hingga Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan NIK di KTP.

Baca juga: https://www.teropongnews.com/megakorupsi-e-ktp-penyebab-kosongnya-blangko/

“Jadi masyarakat tidak perlu bingung, karena ini juga sudah kami sosialisasikan kepada semua instansi yang memiliki kepentingan dengan KTP saat ada urusan dengan masyarakat,” tandasnya.

Edi Siswanto, Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Dispenduk Capil Kabsor.

Kosongnya material blangko KTP electronik itu, kata Edi Siswanto, bukan hanya terjadi di Kabupaten Sorong. Ini masalah nasional yang terjadi di seluruh wilayah di Indonesia. Meski demikian, pelayanan untuk pengurusan dokumen kependudukan itu terus berjalan, dan sewaktu-waktu ada pengiriman material tersebut dari Jakarta, akan segera dicetak dan di distribusikan kepada warga yang memegang Surat Keterangan.

“Ketika material ini sudah datang, mereka yang sudah memegang Surat Keterangan Pengganti KTP yang akan dipriorotaskan untuk dicetak. Jadi untuk masyarakat Kabupaten Sorong yang saat ini belum memiliki KTP, silakan diurus, biar nanti tinggal cetak,” tandasnya. **

Anda mungkin juga berminat