Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BI Perwakilan Papua Barat Resmikan Klaster Pertanian Dan Peternakan

0 85

Sorong, TN-Bank Indonesia (BI) Perwakilan provinsi Papua Barat, menggelar Peresmian Klaster Pertanian Cabai Merah dan Klaster Ayam Pedaging serta Penyerahan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia di Kelompok Tani Harapan Gawe Makmur Jl. Cianjur SP 1 Bendungan, Kelurahan Jamaino, Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, Kamis (27/6).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Donny H Heatubun, melalui sambutan tertulisnya mengatakan, dalam upaya pengendalian inflasi di kota dan kabupaten Sorong, Bank Indonesia dapat bersinergi dengan pemerintah daerah melalui OPD terkait dalam membentuk kelompok klaster pengendalian inflasi di kabupaten Sorong.

Dikatakan, sejak tahun 2006 BI telah melaksanakan program klaster/UMKM produsen komunitas unggulan daerah maupun komuditas ekspor bekerja sama dengan pemerintah daerah, maupun dinas terkait lainnya.

Seiring dengan perkembangan situasi dan arah kebijakan Bank Indonesia, kata Hetaubun, sejak 2014 pengembangan klaster lebih difokuskan pada komuditas yang mendukung ketahanan pangan, komuditas orientasi ekspor dan komuditas sumber tekanan inflasi.

Melalui Peresmian Klaster Pertanian Cabai Merah dan Klaster Ayam Pedaging yang dilakukan di kabupaten Sorong, diharapkan melalui pendampingan BI serta kordinasi dengan Pemkab Sorong, kelompok klaster petani dan peternak yang tergabung dalam kelompok klaster binaan BI, dapat semakin berkembang dalam aspek produksi dan pemberdayaan.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sorong, Sukaharjono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso,
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratikto, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, Miyono.

Anda mungkin juga berminat