Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bentrokan Yohan, 1 Orang Tewas Dan 9 Rumah Terbakar

0 457

Sorong,TN – Bentrokan antar kelompok pemuda kembali terjadi di komplek pertokoan Yohan, kota Sorong. Bentrokan yang terjadi pada Minggu (24/11) itu berlanjut hingga Selasa (26/11).

Akibanya, 1 orang bernama David (40) tewas akibat bentrokan  yang terjadi di komplek Worcit, Jalan Ahmad Yani kota Sorong. David menghembuskan nafas terakhirnya selang beberapa menit dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Oetojo.

David diketahui merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Barat.

Imbas dari bentrokan tersebut, sebanyak 9 rumah milik warga sekitar komplek Worcit  juga terbakar. Dua unit mobil pemadam dan 1 unit mobil AWC milik Polres Sorong Kota akhirnya diturunkan guna memadamkan api agar tidak menjalar ke rumah warga lainnya.

Polisi saat berupaya memadamkan kios yang terbakar. (Foto:TN/Mega)<

Salah seorang saksi mata bernama Elvys, mengatakan bahwa korban meninggal akibat dipukul di bagian belakang kepala.

“Ini pertikaiannya sudah dari kemarin, hari ini adik-adik kita dari jalan baru menyerang ke komplek yohan dan membakar pangkalan ojek di worot dan sekitarnya. Keluarlah pemuda dari Worot hingga akhirnya mereka saling kejar-kejaran. Almarhum bersama saya tertibkan mereka yang turun ke jalan untuk kembali ke rumah rumah mereka masing-masing, ” jelas Elvys di RS. dr. Oetojo Angkatan Laut.

Namun, lanjut Elvys, saat ditegur oleh Almarhum pemuda-pemuda tersebut tidak menghiraukannya

“Mereka ini ditegur tapi tidak mau dengar, akhirnya almarhum tampar dia (pelaku). Karena tidak terima dia langsung pukul almarhum pakai balik di belakang kepala Almarhum,”imbuhnya.

Kapolres Sorong Kota AKBP Mario Christy Pancasakti Siregar S. Ik,.M. H, yang di wawancarai dilokasi kejadian mengatakan bahwa pihaknya sudah mengamankan satu orang pelaku yang menyebabkan tewasnya David.

“Ini masih permaslahan meriam Karbit itu,sehingga tadi ada sedikit bersitegang antara dua kelompok dan kami sudah kendalikan hingga kondusif. Selain itu juga, sudah ada 1 pelaku yang kita amankan di Polres Sorong Kota terkait penganiayaan tadi,”terang Kapolres.

Selain mengamankan pelaku penganiayaan terhadap David, pihaknya juga mengamankan satu mobil yang melintas yang diduga akan melakukan tindakan Makar.

“Masih kita dalami dulu, kita akan proses terkait Makarnya, “pungkasnya.

Sementara itu Dandim 1802/Sorong, Letkol Inf Budikan, S. E, menyampaikan bahwa pihaknya sudah menurunkan bantuan personil TNI sebanyak 2 SST di lokasi kejadian.

“Dari TNI secara bahu-membahu bekerjasama dengan Polres dan jajarannya untuk mengamankan lokasi kejadian. Kemudian tadi kita sudah melakukan rapat internal dengan pak Walikota terkait situasi yang terjadi saat ini. Rencana kita akan tindak lanjuti secara detail rapatnya untuk Forkopimda nanti malam,”imbuhnya.

Anda mungkin juga berminat