Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

BEM se-Sorong Raya Demo DPRD, Ini Tuntutannya

0 402

Sorong, TN – Ratusan mahasiswa yang tergabung di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Sorong raya menggelar aksi demo di depan gedung DPRD Kota Sorong, Senin (30/09).

Aksi dimulai sekitar pukul 09.00 WIT. Mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di kota Sorong ini longmarch mulai dari jalan kilang KM. 10 sampai di depan kantor DPRD kota Sorong.

Pantauan media ini, ratusan mahasiswa mengenakan jas almamater kampus mereka sambil membawa pamflet/spanduk yang berisi kritikan terhadap pejabat DPR.

Dalam orasinya, selain menolak  RUU KUHP, revisi UU KPK, RUU tenaga kerja dan RUU pertanahan, mahasiswa juga menuntut negara mengadili elit-eit yang bertanggung jawab tas kerusakan lingkungan di beberapa wilayah di Indonesia.

Mahasiswa juga menolak dengan tegas kepada negara agar memberhentikan penangkapann aktivis di seluruh Indonesia dan memberikan ruang kepada aktivis untuk menyampaikan pendapat di muka umum.

“Kami juga mendesak pemerintah jadikan tragedy di Wamena menjadi isu nasional dan selesaikan dengan penanganan yang tepat,”kata Yusuf Septian Nur Effendy, selaku koordinator lapangan.

Menanggapi aksi mahasiswa , Wakil  DPRD kota Sorong, Salestinus Paundanan menyampaikan turut prihatin dan berduka cita atas persoalan yang terjadi beberapa akhir ini.

”Kami DPRD  secara moril adalah bagian yang tak terpisahkan dari adik-adik mahasiswa. Kami menggunakan pita hitam di lengan kanan kami sebagai simbol perjuangan adik-adik atau simbol perlawanan terhadap ketidakadilan di negeri ini,”ucapnya.

Terkait dengan aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa, Salestinus menuturkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menyampaikan aspirasi tersebut ke pemerintah pusat.

“Dalam waktu dekat, tim akan berangkat ke Jakarta bertemu dengan semua stokeholder terkait dengan tuntutan-tuntutan adik-adik mahasiswa. kemudian setelah itu kami akan kembali dan mengundang adik-adik mahasiswa untuk kami sampaikan laporan dari apa yang menjadi perjuangan kita semua,”terangnya.

Anda mungkin juga berminat