Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bawaslu Supiori Beri Warning, Stop Money Politik

0 19

Supiori,TN – Sentra Gakkumdu dan Bawaslu Supiori gelar patroli, guna mengantisipasi aksi money politik (serangan fajar) dari sejumlah pihak.

“Sebenarnya isu rawan politik sudah ada sejak H-5 jelang pesta demokrasi serentak nantinya. Tetapi, kami bawaslu sudah mengambil langkah antisipasi pencegahan terlebih dahulu,”kata Ketua Bawaslu Supiori, Jani Herik Prawar,SH kepada Media, selasa (16/4) via selular.

Dikatakannya, langkah antisipasi pencegahan yang dilakukan Bawaslu yakni dengan menyebarkan himbauan kepada masyarakat melalui Tempat Ibadah di Kabupaten Supiori. Karena, rawan politik seperti money politik dan Golput kerap menjadi isu utama.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sejak 14 April 2019 yang lalu, Sentra Gakkumdu Bawaslu Supiori sudah gelar patroli di sejumlah titik rawan yakni, diseluruh Distrik, TPS dan kampung yang berada di tapal batas. Bahkan, Sentra Gakkumdu akan lebih extra patroli untuk mengantisipasi adanya istilah money politik adalah serangan fajar.

“Sejauh ini terkait money politik, kami sudah mendapatkan laporan dari masyarakat. Tetapi, belum ada bukti dan saksi yang kuat. Sehingga kami belum dapat melayangkan teguran dan sanksi. Oleh sebab itu, Sentra Gakkumdu kami sedang gelar patroli 1×24 jam,”pungkasnya.

Pelanggaran rawan politik tersebut sudah diatur dalam Undang-undang (UU) nomor 7 tahun 2017 yang menyatakan sanksi pelanggaran pemilu berupa hukuman kurungan 6 bulan dan denda Rp 12 juta.

Anda mungkin juga berminat