Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bawaslu Nilai KPU Supiori, Kurang Sosialisasi Pengisian Blangko Hologram Kepada KPPS

0 57

Supiori,TN – Setelah mendapat laporan, bahwa ada Kelompok Penyelenggara Pungutan Suara (KPPS) yang belum paham terkait pengisian blangko C Hologram dan masyarakat masih kurang paham Pemilu, Ketua Bawaslu Supiorai menilai jika KPU Supiori kurang melakukan sosialisasi terkait hal tersebut kepada petugas KPPS.

“Hal ini kami lihat bahwa kurangnya sosialisasi dari KPU Supiori. Sehingga di hari H kemarin, hampir menjadi keterlambatan pemilu dan bahkan pergeseran logistik sampai terlambat,” ujar Ketua Bawaslu Supiori, Jani Herik Prawan,SH.

“Di tanggal 16 April 2019 logistik masih bergeser ke setiap dapil, malah distribusi logistik sampai malam dan besoknya Pesta demokrasi. Terus sudah distribusi malam, masih ada kejadian tertukar surat suara di Dapil 1 dan 2,”katanya kepada media ini,” lanjutnya.

Selain itu, Ketua Bawaslu sempat kaget mendapat sejumlah laporan permasalahan Pemilu yang terjadi pada hari H. Dikarenakan mulai dari 16 April 2019 pukul 02.00 WIT, dini hari ia sudah berangkat menuju Kepulauan terluar Maria yang letak geografisnya sangat jauh dari Supiori dan tidak ada jaringan selular. Kemudian tiba di Supiori pada 19 April 2019 pukul 10.00 WIT, pagi hari.

Sementara itu, ia mengungkapkan hingga sampai saat ini pihaknya masih menginvestigasi atau menesuluri penyebab terjadinya keterlambatan dan tertukarnya surat suara. Jika, ditemukan terjadinya kecurangan, maka ia siap menindak secara hukum.

“Jika benar adanya kecurangan, maka kami akan membahas pelanggaran tersebut bersama Sentra Gakkumdu, pelanggaran tersebut masuk kerana mana? Apakah masuk kerana pidana, administrasi, kode etik atau yang lainnxa,”ungkapnya.

Anda mungkin juga berminat