Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bawaslu Malut: Jika Terbukti, Achmad Hatari Terancam Didiskualifikasi

0 94

Ternate, TN – Calon anggota Dewan DPR-RI dari partai Nasional Demokrat (NasDem), Achmad Hatari terancam didiskualifikasi, jika terbukti melakukan praktek politik transaksional.

Bawaslu Maluku Utra sendiri, akan berkoordinasi dengan Bawaslu Tidore Kepulauan, terkait kasus dugaan money politic ini. “Kita sudah memberikan arahan kepada Bawaslu Tidore untuk terus dalami kasus ini,” ucap Kordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Malut, Fahrul Abdul Muid kepada wartawan, di Ternate, Senin (22/4) malam.

Menurut dia, saat ini Bawaslu akan terus melakukan proses investigasi, verifikasi dan konfirmasi terhadap pihak-pihak terkait guna memperoleh kelengkapan informasi.

Hari ini, lanjut dia, Bawaslu Malut telah mengadakan rapat pleno, terkait kasus tersebut. Setelah itu, jika memenuhi unsur formil dan materil, dan sudah ditentukan jenis dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu, maka akan dilimpahkan ke sentra Gakkumdu. “Di situ akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Fahrul mengatakan jika unsur pelanggarannya terpenuhi, tidak menutup kemungkinan caleg tersebut akan didiskualifikasi.

“Sanksi pidana kan biasanya penjara atau bayar denda. Kalau sanksi administratif bisa sampai diskualifikasi,” jelas Fahrul.

Saat ditanya mengenai kemungkinan Bawaslu kecolongan, Fahrul menganggap itu hal yang manusiawi. “Kami bekerja sesuai laporan dan pengawasan, selama ini tidak ada laporan tentang itu,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat