Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bawaslu Kota Sorong Raih Juara II Kategori Pengawasan Terbaik Bawaslu Award 2019

0 399

Sorong, TN- Guna mengapresiasi jajaran pengawas pemilihan umum dan sejumlah pihak yang telah bekerja keras untuk menyukseskan Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu RI menggelar Bawaslu Award di Jakarta, Jumat (25/10).

Event tersebut merupakan penghargaan dan penghormatan atas pencapaian dan kerja keras pengawas pemilu di Indonesia oleh individu dan organisasi yang telah memberikan kontribusi signifikan dan kinerja yang baik selama Pemilu 2019.

Lewat kegiatan itu, Bawaslu Kota Sorong berhasil meraih posisi terbaik kedua pada nominasi Pengawasan Terbaik, tingkat kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Bersamaan dengan itu juga dalam kategori foto terbaik, salah satu foto dari Bawaslu kota Sorong yang dilombakan juga masuk dalam salah satu nominasi foto terbaik Bawaslu Award 2019.

“Kota Sorong merupakan satu-satunya kota/kabupaten di Papua dan Papua Barat yang keluar sebagai juara kedua pada kategori Pengawasan Terbaik, ada juga salah satu foto yang masuk dalam nominasi terbaik Bawaslu Award 2019,” ujar Kordinator Divisi HPPS, James Kastanya, S.E, M.M, kepada teropongnews.com, Sabtu (26/10).

Menurutnya, banyak inovasi telah dibuat pihaknya sebagai penyelenggara pengawas pemilu, bukan hanya sejak dilantik pada 2018 lalu, namun tindakan-tindakan preventif telah dijalankan sejak tahun 2017 silam.

Dikatakan, untuk mendapatkan hasil terbaik dalam event tersebut, harus melalui proses yang panjang. “Awal penilaian dilakukan oleh Bawaslu Provinsi atas daerah bawahannya. Selanjutnya data dikumpulkan melalui soft maupun hard, kemudian dipersentasikan dan dipilih yang layak untuk dipertandingkan ditingkat nasional,” jelas Kastanya.

Sejumlah nominasi yang diikutsertakan sesuai funsi pengawasan masing-masing, Inovasi Pencegahan, Sentra Gakumdu, SDM dan Pengelola Sekretariat, Mediator Sengketa dan Penanganan Pelanggaran Pemilu serta inovasi lainnya.

Lanjut dikatakan, keberhasilan yang diraih Bawaslu kota Sorong tidak terlepas dari kekompakan dan kerjasama tim lewat kordinator devisi HPPS, James Kastanya, kordinator devisi Pengawasan, Elias Ijie, dan kordinator Devisi SDM dan Hublah, M.Nasir Sukuwatan serta seluruh staf Bawaslu kota Sorong.

Selain kekompakan secara interen, kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Daerah, TNI/Polri, mahasiswaa dan media serta masyarakat tiga tungku juga menjadi faktor keberhasilan pengawasan terhadap Pemilu 2019.

Kata James, Bawaslu Award yang telah digelar untuk kelima kalinya itu, terdiri atas 14 kategori, dengan penilaian objektif dan mendalam dari tim independen yang berasal dari Sahabat Bawaslu.

“Salah satu alat ukur penilaian adalah laporan akhir hasil pencegahan, pengawasan dan penindakan Pemilu 2019,” terangnya.

Anda mungkin juga berminat