Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bawaslu Kota Ambon Tidak Terbukti Lakukan Pelanggaran Pemilu

0 32

Ambon, TN – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah menggelar sidang pembacaan putusan terkait dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ambon.

Dalam putusannya Bawaslu Kota Ambo tidak terbukti bersalah dalam kasus dugaan pelanggara aturan pemilu. DKPP merehabilitasi nama baik Bawaslu Kota Ambon.

“Bawaslu Kota Ambon dalam putusan DKPP dinyatakan tidak bersalah dan direhabilitasi namanya, terkait laporan Richard Louhenapessy selaku Ketua DPD Golkar Kota Ambon yang melaporkan Bawaslu Kota Ambon di DKPP,” kata Anggota Bawaslu Kota Ambon, Daim Baco Rahawarin kepada wartawan, di Ambon, Kamis (17/1).

Richard Louhenapessy selaku Ketua DPD II Golkar Kota Ambon melaporkan Bawaslu ke DKPP dengan dugaan melanggar aturan pemilu, dalam putusan yang menggugurkan tiga calon anggota DPRD Kota Ambon dari partai Golkar.

Kasus ini bermula dari keputusan KPU Kota Ambon yang tidak mengakomodir tiga bakal calon dari Golkar, yakni Yoga Papilaya, Rony Latumeten dan Patrick Imanuel Rahakbauw dalam Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD Kota Ambon 2019.

KPU justru menggantikan ketiganya. Yoga Papilaya diganti Riko Mail untuk Dapil Ambon I (Sirimau I Letimur Selatan), Rony Latumeten diganti Bram Noya Dapil Ambon III (Nusaniwe) dan Claudio Patrik Imanuel Rahakbauw diganti Siska Soplanit Dapil Ambon III pada DCT yang ditetapkan KPU Kota Ambon.

Yoga dan kedua rekanmya mengggugat keputusan KPU ke Bawaslu Kota Ambon. Hasil sidang ajudikasi memutuskan, KPU Kota dinyatakan bersalah, karena melanggar Pasal 11 dan 12 dan memenangkan dirinya sebagai pelapor itu, tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 01/ADM/Bawaslu. AMBON/Pemilu/VIII/2018.

Dalam putusan itu, Bawaslu memerintahkan KPU Kota melakukan perbaikan administrasi terhadap tata cara prosedur atau mekanisme pada sub tahapan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta mengembalikan nama-nama Yoga Papilaya ke dalam model B1 DPRD Kota Perbaikan Daftar Bakal Calon Anggota DPRD Kota Ambon dari Partai Golkar Dapil I Kota Ambon, Patrick Rahakbauw kedalam model B1 DPRD Kota Perbaikan Daftar Bakal Calon Anggota DPRD Kota Ambon dari Partai Golkar Dapil III Kota dan tiga: Ronny Latumeten ke dalam Model B1 DPRD Kota Perbaikan Daftar Bakal Calon Anggota DPRD Kota Ambon dari Partai Golkar Dapil III Kota Ambon.

Namun, KPU Kota Ambon tidak melaksanakan putusan Bawaslu. Yoga Papilaya kemudian meaporkan KPU ke DKPP. Sedangkan Richard Louhenapessy juga melaporkan Bawaslu ke DKPP. “Tapi gugatan dan dugaan pengadu tidak terbukti. Dalilnya tidak terbukti. Norma yang dilanggar itu apa,” kata Daim.(*)

Anda mungkin juga berminat