Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bawaslu Ingatkan, Mulai 8 Januari 2020 Tidak Boleh Dilakukan Mutasi Jabatan

0 115

Merauke, TN – Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota diingatkan untuk tidak melakukan mutasi atau rotasi jabatan mulai 8 Januari 2020. Terkhusus bagi kabupaten atau kota yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah 2020, sesuai Pasal 71 UU nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

Aturan ini lebih ditujukan kepada incumbent (petahana). Dalam Pasal 71 ayat 2 dikatakan Gubernu/Wakil, Bupati/Wakil dan Walikota/Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan. Kecuali mendapat persetujuan dari menteri.

“Jika itu dilanggar, maka akan dikenakan sanksi berupa pembatalan sebagai calon kandidat,” jelas Anggota Komisioner Bawaslu Merauke, Tukidjo, Rabu (08/01) di Merauke.

“Instruksi ini sudah dikeluarkan oleh Bawaslu Pusat ke Bawaslu Kabupaten untuk mengingatkan kembali kepada pemerintah agar mengetahui dan mengindahkan aturan tersebut,”tambah Tukidjo.

Anda mungkin juga berminat