Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Basarnas Ambon Selamatkan 13 Warga Namlea Dari Maut

0 75

Ambon, TN – Basarnas Ambon berhasil menyelamatkan sebanyak 13 orang warga Namlea, Kabupaten Buru, dari maut, Sabtu (19/1), saat kapal Tiga Bersaudara yang mereka tumpangi terombang-ambing di antara perairan laut Pulau Seram dan Ambon.

Beruntung, peristiwa yang membahayakan manusia di laut itu cepat mendapat pertolongan, begitu dua unit kapal karer atau RIB milik Basarnas Ambon yang dikerahkan melakukan pencarian, berhasil mengevakuasi 13 penumpang dan anak buah kapal Tiga Bersaudara.

Mereka yang diselamatkan tim SAR ini antara lain Ono (40), Haju (37), Aci (25), Asdar (25), Saiful (25), Hasim (37), Dambi (32), Hasanudin (44), Narti (26), Wadina (34), Lawiga (52), Andi (19) dan Lala (4 Tahun).

Kapal yang terbuat dari kayu ini terombang ambing setelah kemudinya patah, ketika hendak menuju pelabuhan tradisional Desa Batumerah, Kota Ambon, sekitar pukul 08.30 WIT.

“Kemudi kapal ini patah di sekitar perairan Desa Larike, Kabupaten Meluku Tengah. Kami kemudian mendapat info dari nahkoda kapal Bapak Ono. Info diterima sekitar pukul 08.30 WIT,” kata Kepala Basarnas Ambon, Muslimin, saat dihubungi, Minggu (20/1).

Menurut dia, setelah mendapat info tersebut, dirinya kemudian mengerahkan tim untuk melakukan pencarian.

“Dari hasil pencarian kami lalu menemukan mereka. Dan dievakuasi ke pelabuhan Desa Larike. Mereka ditemukan dalam keadaan selamat,” katanya.

Saat ini, kata dia, sebanyak enam orang penumpang kapal telah dievakuasi ke rumah keluarga mereka di kawasan Kebun Cengkih, Kota Ambon.

“Mereka dievakuasi menggunakan mobil Rescue Car. Sedangkan 7 ABK masih di kapal untuk memperbaiki kemudi,” tandasnya.(*)

Anda mungkin juga berminat