Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Barang Bukti Hasil Kejahatan Dimusnahkan Kejaksaan Negeri Sorong

0 102

Sorong, TN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong memusnahkan barang bukti hasil kejahatan yang sudah berkekuatan hukum tetap (Inkracht), Senin (17/06).

Barang bukti tersebut terdiri dari Ratusan liter Minuman Keras (Miras) jenis Vodka dan Cap Tikus (CT), Narkotika, obat-obat terlarang, Handphone, dan senjata tajam.

Pemusnahan digelar di halaman kantor Kejari Sorong dan dipimpin langsung oleh kepala Kejari Sorong, Ahmad Muhdor diikuti oleh Kapolres Sorong Kota, AKBP Mario Christy P. Siregar S.Ik, Kapolres Sorong AKBP Dewa Made Sidan Sutrahna S.Ik dan tamu undangan.

Pantauan media ini, barang bukti Miras dimusnahkan dengan cara ditumpahkan kedalam parit samping kantor Kejari Sorong. Sedangkan barang bukti Narkotika dan obat-obat terlarang dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kepala kejaksaan Negeri Sorong, Ahmad Muhdor, menjelaskan jumlah total ratusan barang bukti tersebut berasal dari 47 perkara tahun 2018 dan 2019 yang telah divonis oleh hakim di pengadilan.

“Barang bukti kejahatan yang dimusnahkan terdiri dari 47 putusanyang sudah inkrah. Sebagian barang bukti sitaan yang masih dalam tahap penyidikan juga kami musnahkan,”jelas Ahmad.

Ahmad beralasan, untuk Narkoba dan Miras harus dimusnahkan di tingkat penyidikan guna menghindari penyimpangan dalam proses penyidikan.

“Ada juga barang bukti yang belum ada putusan Inkrahnya, namun sudah dibuatkan surat ketetapaan barang sitaan. Kita takut dalam proses penyidikan terjadi penyimpangan,”terang Ahmad.

 

Anda mungkin juga berminat