Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Baku Tembak di Jayawijaya, Satu Anggota KSB Dipastikan Tewas

0 419

Jayapura, TN – Insiden baku tembak antara Kelompok Separatis Bersenjata (KSB) dengan Aparat keamanan kembali terjadi di wilayah Pegunungan Papua. Baku tembak kali ini terjadi di Pasar Jibama Jl. J.B Wenas Kampung Hetuma Distrik Hubikiak Kabupaten Jayawijaya, sekitar pukul 10.45 WIT, Jumat (23/8).

Akibat insiden tersebut, seorang  Anggota Polisi dari Polres Jayawijaya Ipda Iwan terkena tembakan di paha dan 1 orang anggota Pospol Jibama mengalami luka tembak di perut. Selain itu, satu orang lainnya yang diduga anggota KSB pimpinan Egianus Kogoya dipastikan tewas.

Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol CPL Eko Dayanto mengatakan insiden baku tembak itu bermulas saat lima orang diduga kelompok Egianus Kogoya melakukan aksi gangguan keamanan/teror di Pasar Jibama. Mereka menodongkan senjata kepada masyarakat dan sempat melepaskan tembakan ke arah aparat tim patroli gabungan TNI/Polri yang sedang melaksanakan patroli dalam rangka menciptakan rasa aman terhadap masyarakat di wilayah Kabupaten Jayawijaya.  “Jadi mereka ini diduga sedang melakukan teror kepada masyarakat lalu melepas tembakan saat tim patroli gabungan tiba di TKP,” kata Kapendam.

Melihat kedatangan tim patroli gabungan, 5 orang pelaku (KSB) berusaha melarikan diri termasuk salah satunya bersembunyi dibelakang kendaraan yang sedang parkir di pasar tersebut. “Karena mereka kabur lalu terjadilah baku tembak, dan tim gabungan berhasil melumpuhkan salah satu oknum anggota yang bersembunyi tadi, serta menyita sejumlah barang bukti berupa pistol jenis Revolver juga didapatkan 1 munisi aktif dan 4 butir kelongsong munisi,” kata Kapendam

Untuk para korban dari aparat keamanan, kata Kapendam langsung dilarikan ke rumah sakit dan mendapatkan penanganan medis. “Sampai dengan saat ini masih dilakukan pengejaran terhadap 4 orang pelaku penembakan yang berhasil melarikan diri dan untuk mengantisipasi aksi teror/gangguan keamanan pasca insiden tersebut aparat TNI/Polri wilayah Kodim 1702/Jayawijaya melaksanakan siaga satu,” jelas Kapendam.

 

Anda mungkin juga berminat