Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bahan Pangan Lokal Bisa Untuk Tanggulangi Stunting

0 87

Aimas, TN –Keberadaan bahan pangan lokal yang cukup melimpah di Kabupaten Sorong, bisa menjadi solusi untuk penanggulangan stunting. Kandungan gizi makanan yang dihasilkan dari kebun, tidak kalah banyak dengan makanan hasil pabrikan.

Demikian disampaikan Rosmini Suka Harjono, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sorong usai Seminar Kesehatan bertema ‘Bagaimana Mencegah Stunting Pada Anak’ yang diselenggarakan di Gedung ACC, Kamis (7/11/2019).

“Saya selalu sosialisasikan kepada ibu-ibu, baik di melalui organisasi maupun masyarakat umum, kalau membuat kue, agar selalu memakai bahan dasar lokal. Karena seperti kita tahu, efek samping bahan yang dihasilkan dengan cara instan, itu kurang baik bagi kesehatan,” kata Rosmini.

Istri Wakil Bupati Suka Harjono ini mencontohkan, bahan dasar lokal yang bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan bahan dasar untuk membuat kue, adalah pisang, petatas dan keladi. Untuk mencukupi kebutuhan gizi dalam rangka menanggulangi stunting, katanya, bahan pangan ini bisa dikonsumsi ketika ibu mulai hamil.

“Ketika ibu hamil itu sudah melahirkan, kebutuhan gizi anaknya juga harus terus diperhatikan, paling tidak mulai usia 0 hari sampai 2 tahun,” jelasnya.

Selain mengadakan seminar untuk penanggulangan stunting, GOW Kabupaten Sorong juga menggelar lomba Menghias Kue Ulang Tahun dari Bahan Dasar Lokal. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke 91.

Kata Rosmini, dari kegiatan lomba yang diikuti 32 organisasi wanita yang masing-masing mengirimkan 3 orang perwakilan.

“Saya melihat ternyata luar biasa. Meski dengan bahan dasar lokal, mereka bisa mengkreasikan menjadi penganan yang tidak kalah enak dari kue yang menggunakan bahan dari pabrikan. Bahkan dari segi rasa lebih enak, dan tentunya lebih sehat,” pungkas Rosmini. **

Anda mungkin juga berminat