Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ayu Nengsih Berikan Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi Di SBB

0 192

Ambon, TN – Bencana alam gempabumi yang menguncang Kota Ambon dan sekitarnya pada Kamis (26/9) lalu, menyisahkan pilu bagi warga Baik di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Pasalnya, akibat bencana alam gempabumi tersebut, warga kehilangan harta benda, banyak bangunan rumah dan infrastruktur yang rusak, baik ringan, sedang maupun berat, bahkan ribuan warga memilih untuk mengungsi.

Seperti yang dialami oleh masyarakat di Dusun Kelapa Dua, Kecamatan Kairatu, Kabupaten SBB. Sekitar 246 Kepala Keluarga yang memilih untuk mengungsi ke gunung, akibat bencana alam tersebut.

Apa yang dialami masyarakat Dusun Kelapa Dua ini menimbulkan keprihatinan dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah, Ayu Nengsih. Artis asal Maluku yang eksis di Jakarta ini merasa terpanggil untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Dusun Kelapa Dua.

Bersama Sekretaris Perisai Berkarya Provinsi Maluku Umar Hamid, dan Seniman Maluku, Teny Carey serta Anggota DPRD Kabupaten SBB, Julius. M. Rutasouw, Rabu (23/10), Ayu Nengsih melakukan perjalanan ke lokasi pengungsian melewati bukit yang terjal dan kondisi jalan yang licin, namun dengan tetap berjalan kaki Ayu Nengsih dan rombongan tetap naik untuk menyambangi para pengungsi.

Saat tiba di lokasi pengungsian, Ayu Nengsih bersama rombongan disambut Kepala Dusun Kelapa Dua, Abdul Rakib Narahaubun, Imam Masjid setempat, Abdul Rasul Narahaubun, dan masyarakat di lokasi pengungsian.

“Duka mereka duka saya juga. Saya pribadi merasa terpanggil untuk memberikan bantuan kepada basudara, khususnya di Dusun Kelapa Dua,” ujar Ayu Nengsih dalam sambutannya.

Ayu Nengsih mengaku, rasa kemanusiaannyalah yang membawanya untuk memberikan bantuan secara pribadi saat mendengar kejadian bencana alam tersebut.

“Rasa kemanusiaan. Saya tersentuh ketika mendengar musibah yang menimpa basudara saya di Maluku. Lebih khusus di Dusun Kelapa Dua ini, membuat saya terpanggil untuk turun langsung memberikan
bantuan, agar saya sendiri juga bisa melihat, dan merasakan kondisi para warga di tempat pengungsian,” tandasnya.

Pembagian bantuan ini dilakukan dengan dibantu Kepala Dusun, Abdul Rakib Narahaubun, dimulai dengan pemberian alat tulis, biskuit serta uang tunai kepada anak-anak di pengungsian, dan dilanjutkan dengan pemberian sembako bagi para janda yang berada di lokasi pengungsian, yakni mie instan, daun teh, minyak goreng, gula pasir, susu, kopi serta sabun dan bantuan uang tunai.

Kepala Dusun Kelapa Dua, Abdul Rakib Narahaubun dalam kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada artis Maluku Ayu Nengsih yang sudah jauh-jauh dari Jakarta datang ke Dusun Kelapa Dua, karena memiliki kepedulian kepada masyarakat di Maluku khususnya di Dusun Kelapa Dua.

“Ada satu kebanggaan tersendiri seorang artis Maluku yang eksis di Jakarta mau datang ke tempat pengungsian ini,” jelas Narahaubun sembari menambahkan bukan besar kecilnya bantuan yang diberikan,
namun bisa menjalin hubungan kebersamaan, hubungan silahturami antar sesama umat di Maluku.

Usai memberikan bantuan, Ayu Nengsih yang ditemani Teny Carey menghibur masyarakat di pengungsian dengan menyanyikan beberapa lagu. Masyarakat terlihat makin membludak, karena ingin melihat penampilan Ayu Nengsih. Salah satu pengungsi mengaku, kedatangan Ayu Nengsih sangat menghibur masyarakat yang sedang mengungsi.

“Kedatangan Ibu Ayu Nengsih membuat kita merasa terhibur, sehingga ketegangan-ketegangan yang dirasakan pun berkurang. Pikiran kita menjadi tenang,” kata dia.

Dia mengaku, baru pertama kali seorang artis asal Maluku jauh jauh mau datang ke tempat pengungsian, untuk memberikan bantuan secara pribadi.

“Kalau saya lihat di media sosial, ada beberapa artis asal Maluku yang melakukan penggalangan dana, namun ibu Ayu dengan dana pribadi mau berbagi rezeki kepada kami di tempat pengungsian, dan itu sangat luar biasa bagi kami. Secara tidak langsung, Ibu Ayu Nengsih sudah melakukan trauma healing buat masyarakat yang berada di lokasi pengungsian,” tandas warga.

Anda mungkin juga berminat