Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Atraksi Taruna dan Taruni AAL pukau Masyarakat Kota Sorong

0 184

Sorong, TN – Kirab Kota dan atraksi Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV angkatan ke-65 yang sedang melaksanakan Latihan dan Praktek Jalayudha melakukan kirab kota dan display drumband. Aksi atraktif mereka pun berhasil menghibur dan memukau ribuan warga Sorong Raya, bahkan sejumlah kepala keluarga yang datang dari Manokwari, Kamis (14/11).

Kirab Kota Taruna AAL tersebut mengambil star di Kantor Walikota Sorong dan finish di Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kelurahan Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat yang disambut langsung oleh Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah mewakili Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI Suaf Yanu Hardani bersama sejumlah pejabat Forkompimda Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Peserta kirab diikuti 57 Taruna Taruni AAL beserta 16 personel pendamping, Anak Buah Kapal KRI Abdul Halim Perdana Kusuma-355, sejumlah prajurit Koarmada III, Lantamal XIV, dan Pasmar-3 Sorong, Satbrimobda Papua Barat, Gabungan mahasiswa, gabungan SMA, dramMan Model Sorong, dan Drumband Poltek Pelayaran Sorong.

Kepiawaian dan kelihaian para Taruna dan Taruni memainkan alat musik mengundang decak kagum warga yang telah bergembira di sepanjang rute mulai dari depan Kantor Walikota Sorong, di depan Masjid Al Akbar hingga Mako Koarmada III.

Atraksi mereka menjadi tontonan menarik dan memukau. Apalagi saat Tambur Mayor memainkan dan melambungkan tongkatnya dengan lincah. Sontak, warga pun serempak berteriak dan bertepuk tangan.

Diketahui,  Lattek Jalayudha Taruna AAL tersebut diikuti 77 Taruna Taruni AAL tingkat IV dari Korps Pelaut, Teknik, Elektronika, Suplai dan Korps Marinir. Untuk Korps Pelaut, Teknik, Elektronika dan Suplai melaksanakan latihan menggunakan KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355, yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji dan dengan rute pelayaran, dari Surabaya – Bitung – Sorong – Makassar – Tanjung Jangkar – kembali lagi ke Surabaya. Sedangkan untuk Taruna Korps Marinir menggunakan KRI Teluk Banten-516 dengan rute Surabaya – Tanjung Jangkar – Surabaya.

Selain latihan diikuti oleh 77 Taruna Taruni AAL, juga diikuti oleh 16 anggota tetap AAL sebagai pengasuh, dibawah kepemimpinan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor laut (P) Raynold Steven Langitan.

Anda mungkin juga berminat