Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Astaga! Tiap Tahun, Kekerasan Seksual Di Malut Kian Meningkat

0 64

Ternate, TN – Setiap tahun, angka kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak yang terjadi di Provinsi Maluku Utara, terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Data Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Maluku Utara yang saya peroleh, setiap tahun itu, kecenderungan kekerasan seksual meningkat,” kata Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Maluku Utara, Dewi M Ummah kepada wartawan, di Ternate, Minggu (5/5).

Dia mengaku, peningkatan angka kekerasan seksual itu paling signifikan terjadi di Halmahera Utara. Data kekerasan seksual ini, mestinya menjadi data bagi pemerintah daerah maupun pihak terkait, agar dapat mengatasinya secara bersama.

“Dari data tersebut, seharusnya pemerintah, pihak LSM, orangtua, semua pihak, marilah kita sama-sama mencegah. Kita harus mulai dari diri kita sendiri,” katanya.

Terpisah, Akademisi STIKIP Kie Raha, Sukarno M Adam mengatakan, kekerasan seksual yang terjadi sangat berhubungan dengan masalah sosial. “Artinya, bahwa masalah sosial memiliki hubungan juga dengan sistem.

Kalau ada perilaku dan tindakan yang menyimpang, maka sistem harus hadir, negara harus hadir,” tandas Sukarno.

Anda mungkin juga berminat