Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Lantamal XIV Sorong Gelar Seminar Sehari Selam Kerja Bawah Air Terhadap Pekerja Selam

0 102

Sorong, TN – Lantamal XIV Sorong menggelar kegiatan Seminar Sehari Selam Kerja bawah air, dalam rangka Pembinaan Ketahanan Wilayah guna mendukung Indonesia menuju proses Maritim Dunia, di gedung serbaguna Mako Koarmada III Sorong, Senin (1/7).

Panglima Koarmada III Sorong, Laksana muda TNI I.N.G. Ariawan, kepada awak media mengatakan, seminar sehari tersebut, bertujuan memberikan pemahaman kerja bawah laut kepada para penyelam dan pengguna tenaga penyelam di wilayah Sorong.

“Seminar sehari selam kerja ini bertujuan untuk bertujuan memberikan pemahaman tentang kerja dibawah laut kepada para penyelam dan pengguna tenaga penyelam di wilayah Sorong,” ujar Panglima Koarmada III, Laksana muda TNI I.N.G. Ariawan, usai membuka acara tersebut.

Panglima Koarmada III Sorong, Laksana muda TNI I.N.G. Ariawan (kiri), dan Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas (kanan) Penanggungjawab kegiatan. Foto wim/TN.

Dikatakan, bekerja di dalam air tidak sama bekerja di darat, hal tersebut diukur dari spesivikasi tingkat kesulitan dan resiko pekerjaan, oleh karenanya, TNI-AL mempunyai program kerja tentang Seminar sehari Selam Kerja, yang melibatkan para penyelam dan pengguna tenaga selam.

“Prinsipnya bekerja di dalam air itu tidak sama bekerja di darat, speknya berbeda. Banyak resiko yang timbul pasca bekerja di dalam air, tatkala kegiatan itu dilaksanakan tidak dengan benar,” jelas jenderal bintang dua itu.

Menurut orang nomor satu di Koarmada III Sorong ini, di Negara Kesatua Republik Indonesia ini, banyak sekali akses dan aset yang membutuhkan tenaga-tenaga penyelam profesional maupun penyelam alam.

Oleh karena itu kata Laksamana TNI Dadi Hartato, TNI-AL melalui program kerja Dinas Pembinaan Potensi Maritim AL di Jakarta ini, juga dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia, diantaranya Makassar, Manado dan Sorong.

Sementara itu, terkait materi yang diberikan dalam kegiatan Seminar sehari Selam Kerja ini, kata Kepala Dinas Potensi Maritim, Brigjen TNI (Mar) Donalr Philip Rompas, sekaligus penanggungjawab kegiatan, mengatakan materi yang disampaikan adalah regulasi tentang aturan yang harus dipatuhi dalam mekukan penyelaman.

Dikatakan dari Angkatan Laut sendiri akan menyampaikan materi terkait theknik penyelaman selama bekerja di bawah air. “Angkatan Laut sendiri akan menyampaikan materi tentang secedul atau theknik selama bekerja di bawah air,” jelas Brigjen TNI (Mar) Donalr Philip Rompas.

Kegiatan Seminar sehari Selam Kerja ini, melibatkan 100 orang peserta yang berasal dari berbagai kalangan, seperti pekerja wisata, kepolisian, Basarnas, dinas Kelautan, serta instansi terkait.

Disamping itu, Komandan Lantamal XIV, Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Komandan Lantamal XIV,
Kolenel Laut (P) Rubertus T Waskito SE. MM, menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu undangan yang hadir dan merasa bangga sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan Seminar sehari Selam Kerja bawah air.

Menurutnya, wilayah laut Indonesia yang luas dan menyimpan kekayaan laut yang begitu besar, sebagai sumber energi yang memberikan sumbangsi besar bagi bangsa Indonesia.

Sebagai pengamanan laut Indonesia, TNI AL sebagai pos Maritim di tanah air, mempunyai tanggungjawab besar untuk melakukan pengamanan dan pengawasan laut Indonesia.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap, para penyelam yang menjadi peserta, dapat melakukan penyelaman sesuai standar yang berlaku, jika bekerja di bawah air.

Anda mungkin juga berminat