Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Antisipasi Macet Saat Malam Takbiran Di Ternate, Polisi Bakal Rekayasa Lalu Lintas

0 80

Ternate, TN – Untuk mengantisipasi kemacetan saat malam takbiran di Kota Ternate, maka Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Maluku Utara (Malut) akan memberlakukan rekayasa lalu lintas, untuk memperlancar arus kendaraan saat malam takbiran.

“Di sekitar Masjid Raya Al-Munawwar, akan diberlakukan satu jalur,” kata Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Malut, Kombes Pol Abrianto Pardede kepada wartawan, di Ternate, Minggu (2/6).

Menurut dia, jalur dari arah selatan ke utara akan ditutup untuk sementara waktu, lantaran di wilayah setempat akan disiapkan satu jalur khusus untuk kendaraan yang akan melintas.

“Nah, kemudian dari arah selatan atau dari depan Landmark, Jatiland Mall hingga Terminal, kami akan menyiapkan 5 titik parkir kendaraan jamaah yang akan melaksanakan Salat Idul Fitri keesokan harinya,” kata Dirlantas.

Dia mengaku, ada sekitar 138 personil gabungan yang terdiri dari Polda dan Polres Ternate yang diterjunkan untuk mengawal malam takbiran. “Mereka akan turun mengawal serangkaian takbiran keliling,” jelasnya.

Untuk itu, dia menghimbau warga agar jika dimungkinkan, maka malam takbiran lebih baik dan aman dilakukan di masjid. “Kalaupun yang berkeliling, harus terkoordinir dan dapat bergabung dengan rombongan di depan Masjid Al-Munawar,” ujarnya.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka Polisi, lanjut dia, akan ikut mengawal pelaksanaan tersebut dari rute-rute yang sudah ditentukan. Para peserta diminta tertib dalam berlalulintas. “Sedangkan untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri nanti, kami berharap, agar para jemaah bisa hadir sejak pagi,” pinta Dirlantas.

Anda mungkin juga berminat