Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Antisipasi Kalender Kamtibmas, TNI AL Tingkatkan Pengawasan di Perairan Laut Sorong

0 98

Sorong, TN – Antisipasi Kalender Kamtibmas atau peringatan 1 Desember, TNI Angkatan Laut menggelar apel gabungan di Dermaga Lantamal XIV Sorong, Sabtu (30/11).

Apel gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Danlantamal XIV Sorong, Bigjen TNI (Mar) Suf Yanu Hardani, dengan melibatkan instansi terkait seperti, Polairud, KSOP, KPLP, Polair, Basarnas, Bea Cukai, dan Imigrasi.

“Mengantisipsi 1 Desember, kita semua yang merupakan aparat di wilayah maritim baik  TNI-Polri, imigrasi, bea cukai, KPLP dan KSOP akan melaksanakan kegiatan patroli untuk mempersempit ruang gerak dari upaya orang-orang yang  tidak bertanggung jawab. Yang ingin mengganggu keamanan dan kedaulatan negara akan kami tangkap karena secara tegas Presiden, Panglima TNI,dan Kapolri menginstruksikan untuk menangkap mereka yang berupaya mengganggu keamanan dan ketertiban,”jelas Danlantamal XIV Sorong, Brigjen TNI (Mar) Suf Yanu Hardani.

Pada kesempatan yang sama juga, Dir Polairud Polda Papua Barat AKBP Eko Irianto S,Ik mengatakan, pihaknya segera bersinergi dan berkoordinasi dengan aparat terkait untuk segera melakukan pengamanan terutama di wilayah perairan laut Sorong.

“Sesuai petunjuk bapak Kapolri dan Kapolda Papua Barat, kami langsung bersinergi dengan aparat yang ada di Sorong terutama dari lantamal, Koarmada, dan satuan lain yang ada di Sorong ini. Kami akan melakukan patrol bersama dengan jam yang sudah ditentukan agar bisa menutup celah bagi merekia yag ingin mengacaukan ataupun mengubah situasi menjadi rawan,”terang Eko.

Sementara itu, mengantisipasi masuknya Warga Negara Asing yang menyalahgunakan ijin berkunjung, Imigrasi Kelas II TPI Sorong akan memperketat pengawasan terutama lalu lintas jalur laut.

“kita selalu berkooridiunasi baik itu  dengan pihak Bea cukai, syahbandar, TNI AL, dan Polair, untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing khususnya yang melewati jalur laut dengan menggunakan kapal. Sebab beberapa waktu lalu terdapat warga Australia yang ikut melakukan aksi demo dan sudah kita deportasi ke negara asalnya.”tutur Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Lalu Lintas Keimigrasian (Lantaskim) Kantor Imigrasi kelas II TPI Sorong, Edwin Musila.

Anda mungkin juga berminat