Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Anggaran Rp1,39 M Disalurkan Kemensos Untuk Bantu Korban Gempa Bumi Di Halsel

0 16

Ternate, TN – Anggaran senilai Rp1,39 miliar telah disalurkan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk membantu korban gempa di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Bantuan berupa uang itu, langsung didistribusikan pihak Kemensos ke sembilan desa yang terdampak gempa.

“Jadi, Kemensos langsung memberikan bantuan dalam bentuk, beras, lauk pauk, tenda dan santunan bagi korban yang meninggal dunia,” ujar Kepala Biro Humas Kemensos Sonny W Manalu seperti rilisnya yang diterima Teropongnews.com, di Ternate, Kamis (18/7).

Menurut Sonny, kesembilan desa yang menerima bantuan dari Kemensos yakni, Ranga-Ranga, Gane Luar, Samat, Gaimu, Kuwo, Liaro, Tomara, Gane Timur, Tanjung Jere dan Lemo-lemo. Sementara santunan yang diberikan sebesar Rp15 juta untuk enam korban yang meninggal dunia. “Nah, santunan yang Kemensos berikan telah diterima oleh keluarga korban,” tandas Sonny.

Sementara itu, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat menceritakan, tim yang dibentuk oleh Kemensos harus menempuh perjalanan darat selama 10 jam untuk sampai ke Desa Gane Luar dari Kota Ternate.

Kendala yang dihadapi pihaknya, kata Harry, adalah kurang dan minimnya transportasi.

“Untuk mencapai kedua desa terparah, kami harus menggunakan transportasi satu-satunya adalah dengan menggunakan sepeda motor. Ada juga lewat jalur laut, tetapi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, perjalanan menggunakan moda transportasi laut tentu sangat beresiko,” ujar Harry.

Anda mungkin juga berminat