Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Alat Pendeteksi Tsunami di Raja Ampat, Rusak

0 57

Waisai, TN – Sejak dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat di tahun 2015 silam, kepada Pemkab Raja Ampat, telah dua kali alat Pendeteksi Tsunami atau Tsunami Early Warning System (TEWS) milik BMKG yang terpasang di pantai Waisai Torang Cinta (WTC) ini rusak.

Hal ini sebagaimana dijelaskan kepala bidang logistik dan kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Raja Ampat, Burhanudin Buatan, kepada Teropong News.com, Kamis (17/1).

“Sejak 2015 lalu, sudah dua kali alat ini rusak. Kali pertama pada akhir tahun 2016 yang kemudian diperbaiki oleh BPBD provinsi Papua Barat. Lalu di tahun 2017, rusak lagi hingga sekarang. Penyebab keduanya adalah listrik di kota Waisai waktu itu belum stabil, sehingga membuat aki-nya jebol dan tidak berfungsi lagi,” jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa telah dua tahun alat tersebut dibiarkan begitu saja karena masih minimnya anggaran BPBD kabupaten Raja Ampat untuk memperbaiki alat pendeteksi tsunami tersebut.

“Sangat disayangkan, kita sekarang ini bisa dibilang masuk kondisi rentan, karena tidak ada pendeteksi tsunami. Padahal alat tersebut secara rutin di cek oleh pusat dengan sengaja dibunyikan tanggal 26 tiap bulan untuk melihat kesigapan masing-masing kabupaten/kota,” jelas Burhanudin Buatan.(*)

Anda mungkin juga berminat