Berita

Alat Jadi Alasan Sulsel Belum Lakukan Tes Massal Covid-19

×

Alat Jadi Alasan Sulsel Belum Lakukan Tes Massal Covid-19

Sebarkan artikel ini

Makassar, TN – Hingga kini Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan belum menggelar tes massal Virus Corona (Colid-19). Tim penanganan COVID-19 mengaku, kesulitan alat. Padahal, Tes massal Covid-19, sesuai instruksi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Bidang Kesehatan Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel,
Husni Thamrin mengaku, pihaknya belum memastikan untuk menggelar tes massal di daerah ini. Alat tes masih menunggu dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Sampai saat ini belum ada informasi. Belum ada rencana kesana,” kata Husni pada video conference bersama media, Rabu (25/3).

Kata Husni, untuk rapid tes tidak akan sulit jika alat sudah ada. Apalagi, sudah ada Balai Laboratorium Kesehatan yang ditunjuk sebagai laboratorium resmi pendeteksi Covid-19 dari kementerian kesehatan. Tidak lagi seperti selama ini. Hasil tes menunggu hingga berhari-hari dari Jakarta.

Namun, menurut dia, untuk mereka yang akan menjadi peserta rapid test adalah yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan petugas kesehatan yang melakukan kontak dengan pasien Covid-19.

4963
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Tapi kita masih menunggu dari kementerian. Termasuk nanti apakah gratis atau tidak, kita belum tahu mekanisme tersebut,” jelasnya.

Pemerintah sendiri sudah memesan alat tes dari China. 150 ribu test kit ini untuk mendeteksi pasien yang positif terjangkit virus corona. Adanya tes ini diharapkan bisa mendeteksi dini pasien corona dan sebagai langkah antisipasi pemerintah.