Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Akibat Warga Hualoy Blokade Jalan, Harga Bahan Pokok Di Malteng Dan SBT Mahal

0 1.158

Ambon, TN – Imbas dari penutupan jalan yang dilakukan oleh warga Desa Hualoy, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), menyebabkan distribusi bahan pokok di dua kabupaten masing-masing, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan Seram Bagian Timur (SBT) menjadi sulit.

Hal ini ikut berpengaruh terhadap harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisonal di dua kabupaten tersebut, yang semakin beranjak naik. Bayangkan saja, harga telur per rak hingga mencapai Rp85.000.

“Bagi kami, aparat keamanan tidak tegas. Seharusnya, jalan yang diblokade tersebut harus segera dibuka, agar pendistribusian bahan pokok dari Kota Ambon ke dua kabupaten ini bisa berjalan dengan lancar. Kalau dibiarkan seperti ini, maka akan semakin memberatkan warga, apalagi saat bulan Ramadhan seperti ini,” kata Yusran, salah seorang warga Masohi, Kabupaten Malteng kepada Teropongnews.com, di Ambon, Kamis (9/5).

Menurutnya, para distributor bahan pokok saat ini lebih memilih jalur laut sebagai alternatif, kendati biaya yang dikeluarkan sangat mahal, dibanding jika lewat jalur darat. Jika masalah ini tidak segera diatasi, Yusran khawatir, harga bahan pokok akan terus beranjak naik sehingga mengakibatkan masyarakat ekonomi lemah akan semakin susah, bahkan bisa terjadi kelaparan.

“Kami minta aparat keamanan untuk segera membuka akses jalan yang diblokade warga Desa Hualoy tersebut, agar warga di Malteng dan SBT tidak mengalami kesulitan bahan pokok seperti sekarang ini,” tandas dia.

Warga Desa Hualoy marah, lantaran polisi belum. juga menangkap pelaku penganiayaan dan pembunuhan terhadap Syamsul Lussy (38), seorang warga Desa Hualoy, yang dianiaya hingga tewas pada Sabtu (4/5) lalu. Dia mengalami luka bacok pada beberapa bagian tubuhnya di perairan perbatasan Desa Latu dan Hualoy.

Akibat jatuhnya korban jiwa itu, warga Desa Hualoy yang tidak terima melakukan pemalangan jalan dengan cara pengecoran menggunakan batu dan semen. Hal ini menyebabkan, warga yang hendak menuju Pulau Ambon dari Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Timur menjadi terhalang.

Anda mungkin juga berminat