Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Akibat Dihantam Banjir, Dua Jembatan Penghubung Malteng-SBB Putus

0 374

Ambon, TN – Dua jembatan yakni, jembatan Sungai Waikaka, di Desa Tala, dan jembatan di Desa Wasia yang berada di perbatasan Kecamatan Elpaputi (Kabupaten Maluku Tengah) dan Kecamatan Amalatu (Kabupaten Seram Bagian Barat) terputus, lantaran dihantam banjir bandang, Kamis (6/6).

“Assalamu’alaikum, di informasikan kepada basudara yang akan melintasi jalur Masohi-Kairatu atau sebaliknya, agar tidak melanjutkan perjalanan karena ada 2 jembatan yang putus akibat banjir,” kata salah satu akun Facebook bernama Neni Wakanno di dinding FB-nya, Kamis (6/6) sore.

Menurut Neni, 1 jembatan di Desa Wasia, dan 1 jembatan di Fesa Tala tepatnya jembatan Waikaka yang merupakan jembatan pertama dari arah Kairatu.

“Video dan gambar adalah situasi terakhir Jembatan Waikaka. Semoga tak ada hujan lagi karena jika hujan deras selama sehari, maka di pastikan jembatan akan benar-benar putus,” kata Nenny.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Provinsi Maluku, Anos Yeremiad mengaku, akibat kejadian tersebut lalu lintas di jalan lintas Pulau Seram Sementara tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

“Menurut informasi yang saya dapatkan, dua jembatan tersebut putus karena dihantam banjir. Untuk itu, kami menghimbau masyarakat untuk sementara waktu tidak melewati jalan lintas Pulau Seram, karena sangat berbahaya,” kata Anos ketika dihubungi Teropongnews.com, dari Ambon.

Namun demikian, menurut Anos, pihaknya sudah membangun komunikasi serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk segera memperbaiki jalan tersebut, agar bisa dilintasi.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan Nasional (BPJN), dan juga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku. Kedua jembatan penghubung Malteng-SBB itu harus segera diperbaiki. Jika tidak, maka akses jalan akan terputus,” tandas dia.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, pihak kepolisian telah memasang garis polisi di sekitar jembatan yang terputus tersebut, agar tidak dilalui kendaraan.

Anda mungkin juga berminat