Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Agar Lebih Menghasilkan, Bupati Pilih Pebisnis Untuk Jabat Dirut MOW

0 140

Aimas, TN – Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), sudah seharusnya PT Malamoi Olom Wobok (MOW) memberikan konstribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sorong. Faktanya, perusahaan daerah itu dinilai kurang lincah dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk disetor ke Kas Daerah.

Berkaca dari kondisi itu, Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru SH.MSi mengambil langkah taktis dengan mengangkat kalangan profesional berlatar belakang pebisnis untuk duduk di kursi direksi. Bertempat di aula eks Kantor Kesbangpol Kabsor, Selasa (3/9/2019), Bupati melantik Gabriel Hasahatan Simanjutak sebagai Direktur Utama, menggantikan Drs.Domiggus Haurisa,M.Si, yang meninggal dunia beberapa bulan lalu.

“Dilihat dari track record-nya, dan juga saya koordinasi dengan sekda, staf ahli, beliau ini orang swasta yang betul betul memiliki jiwa pebisnis. Jadi menurut saya ini tepat untuk kita orbitkan jadi direktur di MOW,” kata Bupati Johny Kamuru.

Diangkatnya Gabriel Hasahatan sebagai Dirut MOW, Bupati berharap pergerakan perusda ini semakin lincah dalam menarik sebanyak mungkin investor masuk ke Kabupaten Sorong. Dengan memanfaatkan jaringan pengusaha yang dimiliki Dirut serta melalui berbagai usaha yang sudah dikembangkan MOW, diharapkan juga bisa berkonstribusi dalam perolehan PAD

Dari perjalanan sebelumnya, posisi Dirut BUMD ini selalu di isi pejabat birokrasi yang sudah pensiun. Fakta ini yang menjadikan MOW kurang memberikan warna sebagai sumber penghasil PAD.

“Itu makanya, sebelumnya direktur yang kita punya ini pensiunan PNS. Dari muda sampai tua, sampai pensiun bekerja sebagai birokrasi murni.  Tidak punya jiwa wiraswasta, enterpreunership.  Makanya kali ini kita  mencoba mencari orang swasta, sehingga orientasinya bisnis, bukan orientasi pelayanan sosial. Itu yang kita harapkan,” urai Bupati.

Ditemui terpisah, Gabriel Hasahatan kepada wartawan menjelaskan, untuk program kerja jangka pendek dirinya akan melakukan pembenahan dulu di internal manajemen, sembari mempromosikan berbagai potensi ekonomi yang ada di Kabupaten Sorong ke dunia luar.

“Sambil membenahi manajerial yang ada, kita akan mempromosikan potensi ini ke luar. Dalam waktu kita akan ikut Indonesian Expo di Hongkong, dan ini adalah kesempatan kita untuk menawarkan potensi daerah kepada investor luar negeri,” katanya.

Sebagai pebisnis yang sudah lama hidup di Sorong, Gabriel merasa punya beban moral melihat besarnya potensi bisnis dan investasi di Kabsor yang dibiarkan, tidak digali. “Kenapa potensi kita yang seharusnya bisa digali, kok didiamkan saja. Dari situ saya terpanggil, bagaimana bisa memajukan Kabupaten Sorong ini,” tandasnya.

Dilantiknya Gabriel sebagai Dirut, kembali melengkapi konfigurasi direksi di PT Malamoi Olom Wobok. Pada Jumat, 13 Maret 2018 silam, Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru SH.MSi telah melantik Ir M.Said Noer MSi sebagai Komisaris, Drs.Domiggus Haurisa,M.Si sebagai Direktur Utama serta Samsudin Ajam, S.Sos.MM sebagai Direktur Bisnis dan Teknik. Posisi Dirut menjadi kosong, setelah Dominggus Haurisa meninggal dunia.

Pengambilan sumpah jabatan Gabriel, disaksikan oleh Asisten II Ekonomi/Pembangunan Criss J. Topamahu dan Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Suroso. Momen itu juga dihadiri Ketua DPRD Kabsor Adam Klow serta Kapolsek Aimas AKP Indra Rizkiadi, mewakili Kapolres Sorong.*

Anda mungkin juga berminat