Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ada Laporan, Bawaslu Supiori Siap Investigasi Pelanggaran Pemilu

0 13

Supiori,TN – Ketua Bawaslu Supiori, Jani Herik Prawar,SH mengklarifikasi bahwa pada pesta demokrasi kemarin di Supiori, tidak ada surat suara yang tertukar. sesungguhnya yang benar adalah terbawa atau terselipnya surat suara di dua TPS berbeda. Pada saat itu, Bawaslu segera gelar koordinasi bersama Bawaslu Provinsi Papua.

“Pada 17 April 2019 yang lalu, saat pencoblosan di Kampus Yombonda dan Wongkena ada terjadi kesalah pahaman dan hal ini harus saya luruskan. Saat itu tidak terjadi penukaran, tetapi terbawa atau terselip. Saat itu juga Bawaslu sudah merekomendasikan bahwa khusus Tps Wongkena tidak ada rekomendasi lanjutan pencoblosan alias tetap jalan, karena hanya terselip 20 surat suara,”jelasnya senin (27/5).

Lanjutnya, sedangkan TPS di Yombonda terselip hampir 100 surat suara dan setelah berkoordinasi dan petunjuk dari Bawaslu Provinsi Papua yakni TPS Yombonda terpaksa dilakukan pencoblosan lanjutan pada esoknya 18 April 2018.

Oleh sebab itu, Ketua Bawaslu sudah membentuk Tim investigasi untuk mencari tahu apa penyebab terjadinya terselip surat suara di 2 TPS itu. Sebagai operasi investigasi awal, ia akan Turun Lapangan (Turlap) di sejumlah Distrik di Kabupaten Supiori.

“Yang jelas tugas kami adalah mengawasi Pemilu dan sebelum kami masuk kerana KPU, kami harus investigasi terlebih dahulu dari tingkat PPD dan PPS. Kalau sampai kami temukan bukti kesalahan penyelenggara pemilu, hal itu tetap kami tindak. Bahkan nantinya, kami akan segera minta klarifikasi dari KPU terkait kesalah pahaman yang terjadi pada Pemilu kemarin,”imbuhnya.

Anda mungkin juga berminat