Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

92 Siswa-siswi SDN 02 Raja Ampat Ikuti Fieldtrip Keanekaragaman Hayati

0 60

Waisai, TN – Pemda Raja Ampat bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) provinsi melaksanakan kegiatan lapangan bagi siswa-siswi SDN 02 Raja Ampat yakni Fieldtrip Keanekaragaman Hayati yang dilaksanakan, Selasa (27/8) lalu.

Kegiatan yang merupakan lanjutan dari Pendidikan Konservasi (PenKon) yang telah dilaksanakan Pemuda Kader Konservasi Raja Ampat sejak awal bulan Agustus ini bertemakan “Hutan Pesisir Lestari, Satwa Berseri” dengan bentuk Fieldtrip ke 5 lokasi yaitu Pantai WTC Waisai Torang Cinta, Taman Kota, Taman kantor Bupati, Danau Inspektorat, dan Gedung Pari.

Tujuannya adalah agar para pelajar ini mengenal langsung ekosistem serta komponen penyusunnya yaitu abiotik dan biotik yang ada di sekitarnya, agar terbangun kesadaran mengenai pentingnya ekosistem hutan, pesisir dan satwa-satwa yang terdapat di dalamnya menjadi meningkat.

“Merupakan kegiatan lanjutan dari PenKon yang kami lakukan. Setelah penyampaian materi Keanekaragaman Hayati di kelas, mereka diajak langsung untuk beraksi di lapangan, karena kedepannya mereka ini akan mengambil peran penting dalam mengelola sumber daya alam yang dimilikinya dengan bijak dan kesadaran tinggi,” jelas Sari Ramadhan, ketua Tim Pemuda Kader Konservasi Raja Ampat, kepada teropongnews.com, Rabu (28/8/2019)

Dijelaskannya, kegiatan Fieldtrip ini dibagi menjadi sembilan 9 kelompok kecil yang tersebar di lima 5 lokasi. Lalu peserta dikenalkan dengan alat untuk melakukan pengamatan seperti Binokular, dan Jaring Serangga, kemudian peserta juga diajak belajar mendokumentasikan hasil pengamatannya dengan menuliskan pada lembar pengamatan.

“Tidak hanya itu, peserta pun melakukan visitasi ke gedung Geopark milik Dinas Pariwisata untuk menerima materi geologi dan geopark, disana mereka diberikan edukasi tentang pentingnya geologi sebagai salah satu daya tarik wisata di Raja Ampat,” jelas Sari Ramadhan.

Anda mungkin juga berminat