Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

90 Hektar Padi Di Kampung Onggari Siap Panen

0 155

Merauke, TN – Kepala Kampung Onggari Distrik Animha, Kabupaten Merauke, Daniel Ndiken mengatakan, 90 hektar padi sawah di Kampung Onggari akan dipanen dalam waktu dekat.

Untuk mengolah lahan tersebut, masyarakat menggunakan bantuan dana Otsus, bantuan dana dari program Bangsaku, bantuan dana dari pusat dan swadaya masyarakat. Daniel Ndiken menjelaskan, jika hanya mengharapkan dan Otsus, jumlahnya tidak akan cukup untuk mengolah 90 hektar dari 130 hektar lahan yang tersedia.

Untuk mencukupinya, Pemerintah Kampung mengambil inisiatif yakni, bantuan dana modal usaha melalui program Bangsaku yang diberikan pemerintah daerah digunakan untuk mengolah sawah. Ditambah dana dari pusat mampu mengolah lahan hingga 70 hektar lebih, sementara sisanya modal swadaya masyarakat kampung.

“Kamai sangat membutuhkan adanya peningkatan bantuan dana dari pemerintah daerah sehingga ada penambahan lahan yang masih tersisa. Selain itu, perlua dilakukan sekolah lapangan tentang proses pengolahan lahan dari awal sampai panen hingga pemasarannya,” jelas Kepala Kampung Onggari di Merauke, Jumat (17/05/19).

Ia menganjurkan, dalam satu musim diharapkan 2-3 kali pelaksanakan sekolah lapang kepada masyarakat Kampung Onggari oleh Dinas Pertanian. Tujuannya, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat lokal agar lebih memahami tentang pertanian yang baik terutama menanam padi.

Berikut, diharapkan ada bantuan alat mesin pertanian (alsintan) sehingga lebih mengoptimalkan para petani lokal dalam mengolah sawah. Sebab, di kampung tersebut alsintan yang dimiliki masih sangat minim.

Anda mungkin juga berminat