Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

70 Persen Wajah Baru Ramaikan “Bursa Transfer” Ke DPRD Maluku

0 1.136

Ambon, TN – Dipastikan pada “bursa transfer” Anggota DPRD Provinsi Maluku musim 2019-2024, akan ada sekitar 70 persen wajah baru, yang nantinya menghiasi kantor DPRD Provinsi Maluku, pada September 2019 mendatang.

Ini tentunya sangat mencengangkan, lantaran banyak yang berprediksi calon anggota legislatif (caleg) petahana masih dipercaya masyarakat di Maluku untuk menduduki baileo Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Namun, prediksi itu berbanding terbalik dengan fakta di lapangan.

Data yang berhasil dihimpun Teropongnews.com menyebutkan, untuk daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) berdasarkan penetapan KPU setempat, ada sekitar lima wajah baru, yakni Irawadi (Partai Nasdem) menggantikan Abdullah Marasabessy, Andi Munaswir (Partai Gerindra) menggantikan Luthfi Sanaky, Abdullah Asis Sangkala (PKS) menggantikan Saadiah Uluputty, Wahid Laitupa (PAN) mengganti Ramly Mahulette, dan Ruslan Hurasan (PKB) menggantikan Habiba Pelu.

Sementara wajah lama masing-masing, Edwin Adrian Huwae (PDIP), Wellem Zefah Wattimena (Partai Demokrat), Rasyid Effendy Latuconsina (Partai Golkar), Julius Pattipeiluhu (Partai Hanura), dan Usama Namakule (Partai Perindo).

Sementara dapil Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kepulauan Tanimbar, terdapat dua wajah baru yaitu, Hengky Pelatta (Partai Hanura), dan Tarce Fatlolon (Partai Nasdem) menggantikan Semmy Letekay. Sedangkan wajah lama adalah, Anos Yeremias (Partai Golkar), Francois Orno (PDIP), dan Melkianus Sairdekut (Partai Gerindra).

Untuk dapil Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) juga ada dua wajah baru masing-masing, Iqbal Payapo (Partai Hanura) menggantikan Christian Leihitu yang tidak maju dalam pencalegkan, dan Hatta Hehanussa (Partai Gerindra). Sementara wajah lama yakni, Asri Arman (Partai Demokrat), Samson Atapary (PDIP) dan Turaya Samal (PKS).

Untuk dapil Kota Ambon, ada sekitar 4 wajah baru yaitu, Rovik Akbar Affifudin (PPP) menggantikan Kutny Tuhepaly, Rostina (PKS) menggantikan Said Mudzakir Assagaff, Jantje Wenno (Partai Perindo) sementara PKB dan Partai Nasdem bertarung untuk memperebutkan kursi terakhir, lantaran rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara di Kecamatan Sirimau khususnya Desa Batu Merah baru akan digelar pada Jumat (17/5) siang, karena adanya masalah.

Sedangkan wajah lama yakni, Richard Rahakbauw (Partai Golkar), Lucky Wattimury (PDIP), Robby Gasperzs (Partai Gerindra), Elviana Pattiasina (Partai Demokrat), dan Ayu Hindun Hasanussy (Partai Berkarya).

Untuk 3 dapil lainnya, yakni; Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Kabupaten Kepulauan Aru; Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT); Dan Kabupaten Buru serta Buru Selatan belum diketahui.
Namun berdasarkan informasi yang didapatkan, untuk dapil Kabupaten SBT seluruhnya wajah baru, sementara dapil Buru dan Buru Selatan hanya 2 wajah lama, sisanya adalah wajah baru.

Soal keterlambatan rekapitulasi perhitungan suara DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon, Ketua KPU Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun yang dihubungi, Jumat (17/5) mengaku, untuk Kota Ambon belum ada penetapan, lantaran adanya persoalan.

“Ada indikasi masalah di Desa Batu Merah, sehingga penetapan rekapitulasi perhitungan suara molor. Direncanakan hari ini usai Sholat Jumat,” kata dia singkat.

Anda mungkin juga berminat