Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

7 Anggota Polda Papua KPLB, Tiga Diantaranya Korban Tembak OPM

0 156

JAYAPURA, TN –  Kapolda Papua, Irjen Polisi Martuani Sormin melantik tujuh Anggota Polisi yang mendapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) di lapangan Upacara Mapolda Papua, Jumat (25/1/2019) siang. Para Anggota Polri yang di KPLB ini masing-masing dinilai memiliki prestasi dalam melaksanan tugas.

KPLB Ketujuh personil Polisi ini dilakukan di dua tempat berbeda, 6 diantaranya diupacarakan di lapangan Mapolda Papua, sementara 1 anggota di upacarakan di Mapolres Puncak Jaya

Adapun ketujuh anggota Polisi berprestasi tersebut masing-masing,  Iptu Suriadin, SH. MH dinaikan pangkat luar biasa dari Ipda ke Iptu (Inspektur Polisi Dua menjadi Inspektru Satu);. Iptu Suriadin berprestasi lantaran berhasil menangkap pelaku dan barang bukti kasus tindak pidana perburuan hewan/satwa yang dilindungi di Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya, Bripka Fiktor Poceratu dan Bripka Asop Mulayan, keduanya dinaikan pangkat luar biasa dari Brigpol ke Bripka (Brigadir Polisi ke Brigadir Polisi Kepala). Dua anggota Polisi ini, berhasil menangkap tersangka kepemilikan senjata api jenis Revolver di Rusunawa Uncen Perumnas III Jayapura. 

Sementara dua personil Polisi Bripka Arief Surya Sumahendra dan Bripka Frans Yos Dumapa dinaikkan jabatanya dari Brigpol ke Bripka (Brigadir Polisi ke Brigadir Polisi Kepala). Keduanya merupakan korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di dua tempat berbeda. 

“Bripka Arif menjadi korban penembakan KKB 31 Desember 2014 dibagian punggung dan peluru sempat bersarang ditubuh saat bertugas di Polres Paniai, sementara 

Bripka Frans Yos Dumapa juga menjadi korban penembakan saat KKB melakukan penyerangan  di Polsek Sinak Polres Puncak Jaya 27 Desember 2015, dimana saat kejadian Bripka Frans selamat dan 3 personel lainnya gugur,” kata Kapolda Papua, Irjen Polisi Martuani Sormin.

Selanjutnya, Brigpol Ryan Danutirta dan Brigpol Ricci Devva Ronaldo dinaikan pangkat luar biasa dari Briptu ke Brigpol (Brigadir Polisi Satu ke Brigadir Polisi). Brigpol Ryan yang saat itu bertugas di  Polsek Sinak Polres Puncak Jaya mendapat serangan dari KKB pada tanggal 27 Desember 2015. Sementara Brigpol Ricci diberikan prestasi lantaran selama 11 tahun menjalankan tugas di Bag Sumda, tidak pernah melakukan pelanggaran dan turut serta  menumpas KKB di Distrik Tingginambut Kabupaten Puncak Jaya.

“Penghargaan ini diberikan kepada seluruh anggota Polda Papua yang berprestasi, yang telah menunjukkan kinerja yang baik kepada masyarakat yang salah satunya anggota yang terkena tembak di Kabupaten Puncak beberapa tahun lalu,” kata Kapolda 

Kapolda mengatakan penghargaan yang diterima ketujuh personil Polisi ini menjadi

contoh bahwasanya perbuatan yang telah dilakukan anggota yang berprestasi, pastinya mendapatkan reward.

” Jadi ini bukan kebetulan, mereka dinaikkan pangkat karena prestasi, dan hendaknya ini dapat memacu anggota yang lain untuk mendapatkan prestasi sebanyak mungkin,” kata Kapolda.

Pada kesempatan yang sama Kapolda juga menyoroti kinerja anggotanya dalam melayani masyarakat. 

” Polisi itu jangan malas atau apalagi buta huruf, kalau ada pengaduan di sikapi. Sebab masyarakat tidak tau bidang tugasmu dalam institusi, yang masyarakat tau kamu polisi,” kata Kapolda tegas. 

Anda mungkin juga berminat