Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

47 Surat Suara Di Kabsor Rusak

0 17

Aimas,TN— Proses penyortiran dan pelipatan surat suara di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong (Kabsor) telah selesai dilakukan. Terdapat 47 surat suara yang mengalami kerusakan dan telah dilaporkan ke KPU Provinsi Papua Barat.

“Ada surat suara yang rusak dan sudah kita laporkan ke KPU Provinsi untuk pergantian surat suara,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Sorong Adomince Yohana Pandori di Kantor KPU Kabsor kemarin.

Meski jumlah surat suara yang rusak tidak begitu banyak, namun disampaikan Ketua KPU Kabsor, hal tersebut perlu untuk dilaporkan dan mendapat pergantian.

Karena penambahan 2 persen surat suara diluar dari surat suara yang telah diperhitungkan sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada.

Adapun surat suara yang rusak disebabkan karena beberapa hal, diantaranya tulisan kabur dan warna yang tidak jelas serta adanya surat suara yang robek.

Surat suara yang rusak diantaranya, Presiden dan Wakil Presiden berjumlah 3 lembar, DPD berjumlah 10 lembar, DPR RI sebanyak 15 lembar, DPRD Provinsi 4 lembar, DPRD Kabupaten Dapil I 4 lembar, DPRD Kabupaten Dapil II 7 lembar dan DPRD Kabupaten Dapil III 4 lembar.

Sementara itu, kata Adomince, pembagian surat suara untuk tingkat distrik dan kelurahan saat ini sedang dikerjakan sebelum nantinya mulai dilakukan distribusi.

Pembagian surat suara tersebut, juga memerlukan waktu yang cukup lama, karena jumlah surat suara yang cukup banyak dan terbagi ke beberapa bagian.

“Surat suara ini kan banyak, kita mulai pembagian untuk distrik dan kelurahan. Apalagi ada 515 TPS, tidak mungkin 1 hari selesai,” tandasnya.

Anda mungkin juga berminat