Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

423 Ekor Hewan Qurban Disembelih, Pemkab Sorong Bantu 22 Ekor

0 102

Aimas, TN – Sebanyak 423 ekor hewan yang terdiri 410 ekor sapi dan 13 ekor kambing, disembelih untuk qurban pada momen Hari Raya Idul Adha 1440 H yang jatuh pada hari ini, Minggu (11/8/2019). Dari jumlah itu, Pemkab Sorong menyumbang sebanyak 22 ekor sapi, yang disebar di 11 distrik.

Demikian disampaikan Sekretaris PHBI Kabsor Sutikno ST, Sekretaris Panitia Hari Besar Islam (PBHI) Kabsor, sebelum prosesi pelaksanaan sholat Idul Adha 1440 H yang dilaksanakan di alun-alun Aimas dimulai. “Yang 388 ekor sapi dan 13 ekor kambing itu berasal dari masyarakat, selebihnya bantuan dari Pemda,” kata Sutikno.

Daging hewan qurban itu akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak. Seluruh hewan qurban itu dipastikan dalam kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi karena sudah melalui seleksi oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan.

Sementara khotib Sholat Idul Adha, Ustadz Suparman SAg dalam khutbahnya menyampaikan, masyarakat yang melaksanakan qurban, diharapkan menata kembali niatnya, dan hanya meniatkan qurban hanya karena Allah SWT. “Berqurbanlan hanya karena Allah, jangan karena yang lain,” tandas ustadz Suparman dihadapan ribuan jamaah.

Prosesi shoat Idul Adha di alun-alun Aimas itu dimulai pada pukul 07.00 Wit, dengan imam sholat ustadz Maman Suryaman SPd.I dan bilal oleh ustadz Wardoyo. Sejak pukul 06.30 WIT masyarakat Kabsor yang ada di Unit 1 dan 2, sudah mulai berdatangan ke alun-alun Aimas.

Momen itu juga membawa berkah bagi masyarakat yang berjualan koran bekas, yang dibutuhkan para jamaah yang tidak membawa tikar, sebagai alas sholat. Para pedagang mainan juga memanfaatkan kesempatan yang sama. Bukan hanya dari Aimas, mereka juga datang dari Kota Sorong untuk mengais rezeki.

“Setiap ada keramaian di alun-alun, saya pasti disini. Alhamdulillah, lumayan juga hasilnya,” kata Udin, salah seorang pedagang mainan yang tinggal di KM 9,5 Kota Sorong, kepada TeropongNews.com.

Anda mungkin juga berminat