Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

4 Pengedar Narkotika di Kota Sorong Dibekuk

0 472

Sorong, TN  -Satuan Narkoba Polres Sorong Kota berhasil membekuk 4 pengedar narkotika jenis sabu-sabu dan ganja. Masing-masing bernama Ronny, Piter, Zalmi, dan Arfan.

Kasat Narkoba Polres Sorong Kota, AKP Wisnu Prasetyo mengatakan, untuk pelaku atas nama Ronny dan Piter, ditangkap di Jalan Cenderawasih, Harapan Indah Kota Sorong, pukul 23.00 WIT, dengan barang bukti bukti berupa 21 plastik berukuran sedang berisi ganja dengan berat 158,1 gram, dan 16 bungkus kertas kecil yang juga berisi ganja dengan berat 6,54 gram.

“Awalnya kita mendapatkan info tentang adanya kiriman paket ganja dari Jayapura. Mendapatkan informasi itu, tim kita langsung bergerak dan melakukan penggrebekan di rumah pelaku. Di sana, kami berhasil menemukan kedua pelaku beserta barang bukti yang disimpan dalam karton dan pakaian yang sedang dikenakan Piter,” jelas Wisnu dalam press releasenya yang berlangsung di Mapolres Sorong Kota, Kamis (5/12).

Sementara untuk pelaku atas nama Zalmi, lanjut Wisnu, kita bekuk di kediamannya di Jalan Wijaya Kusuma, Remu, Kota Sorong, pada tanggal 30 November 2019.

“Pross penangkapan terhadap Zalmi hampir mirip dengan Ronny dan Piter. Bedanya, saat menangkap Zalmi, anggota kita yang tiba terlebih dahulu di lokasi penangkapan dibanding pelaku. Pelaku kita tangkap sesaat setelah yang bersangkutan datang dengan menggunakan sepeda motor. Barang bukti berupa sabu-sabu dengan berat 0,76 gram juga kita temukan di dashboard motor yang digunakan Zalmi,” beber kasat narkoba.

Berbeda dengan pelaku-pelaku lainnya kata kasat narkoba, Arfan ditangkap pada tanggal 18 November 2019 dengan cara dijebak. Dimana awalnya jelas Wisnu, pihaknya mendapatkan informasi soal adanya paket sabu-sabu yang diselundupkan dari luar kota menuju Kota Sorong dengan menggunakan KM Sinabung.

Untuk memastikan informasi itu, jelas Wisnu, pihaknya langsung mendatangi KM Sinabung yang ketika itu sedang sandar di Pelabuhan Sorong. Tidak membutuhkan waktu lama, pihaknya akhirnya berhasil menemukan paket yang dimaksud.

“Disana kita tidak langsung mengambil paket tersebut, dengan harapan pemiliknya akan datang mengambil barangnya, dan disanalah kita lakukan penangkapan. Namun yang datang mengambil paket tersebut justru seorang buruh bagasi, jadi kita langsung ringkus buruh bagasi itu,”ujar Wisnu.

Setelah  menanyakan dimana pemilik paket tersebut. Sang buruh pun mengaku bahwa si pemiliki paket sedang menunggu paket tersebut di Terminal Pelabuhan.

Sambung kasat narkoba, anggotanya kemudian meminta buruh tersebut untuk menunggu di Dermaga Pelabuhan Sorong. “Disitulah Arfan kemudian muncul dan langsung kita amankan. Disaat yang sama kita langsung buka paket tersebut dan mendapati 20 bungkus kecil dan 1 bungkus plastik berukuran besar berisi sabu-sabu, dengan berat total 29,76 gram,” terang kasat narkoba.

Ditambahkan Wisnu, para pelaku pun dikenakan pasal 114 ayat 1, sub pasal 112 ayat 1, UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 4 sampai 20 tahun penjara.

Anda mungkin juga berminat