Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

21 Wartawan Lulus Uji Kompetensi, Ini Dia Nama-Namanya…

0 419

Sorong , TN – Sebanyak 21 orang wartawan dari berbagai media yang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) oleh PWI Papua Barat bersama SKK Migas, dinyatakan lulus sebagai wartawan yang kompeten dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

Pengumuman ini disampaikan Taufan Pamungkas, salah seorang penguji dari PWI Pusat saat penutupan UKW . Dalam UKW yang diselenggarakan selama dua hari, 11-12 November 2019 di Hotel Belagri Kota Sorong ini, para peserta harus menyelesaikan 10 materi ujian yang disiapkan tim penguji.

Diantara materi uji adalah Memahami dan Melaksanakan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Hukum/Undang-Undang/Peraturan Terkait Pers,  kemampuan wartawan dalam membuat perencanaan liputan, Mencari Bahan Liputan Secara Terjadwal, Menulis Berita, Wawancara Tatap Muka, Wawancara Cegat (doorstop) Membuat Rubrikasi serta Kemampuan Menyunting Berita,

“Dari jumlah peserta yang terdaftar, 100 persen dinyatakan kompeten. Dengan demikian, jumlah wartawan yang sudah lulus UKW sebanyak 11.449 orang dari 428 UKW yang dilaksanakan oleh PWI,” kata Taufan.

UKW ini diikuti wartawan dari Kota dan Kabupaten Sorong, Kabupaten Teluk Bintuni dan Manokwari. Tim penguji berasal dari PWI Pusat, yakni Suwardi Thahir, Mohamad Nasir, Nurhayana Kamar dan Taufan Pamungkas.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu, Galih W. Agusetiawan, memberikan ucapan selamat kepada wartawan yang telah lulus UKW. (Foto:Tantowi/TN)

Menurut Bustam, Ketua PWI Papua Barat, UKW di Kota Sorong ini adalah UKW ketiga yang diselenggarakan PWI Papua Barat. Sementara dari jumlah wartawan yang lulus UKW di Kota Sorong ini, kata Galih W. Agusetiawan, Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Pamalu, menambah jumlah wartawan yang berkompeten dari kegiatan UKW yang disupport SKK Migas.

“Dengan jumlah yang lulus UKW di Kota Sorong ini, maka jumlah wartawan yang kompeten dari UKW yang disupport SKK Migas, menjadi 39 orang wartawan,” ujar Galih.

UKW dilaksanakan berdasarkan Peraturan Dewan Pers Nomor  1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan serta menghindari terjadinya penyalahgunaan profesi wartawan

Sementara nama-nama wartawan yang dinyatakan lulus UKW ini, adalah :

Zulqaidah Salim – Media Tagar

Juhra Nasir – Radar Sorong

Tantowi Djauhari – Teropong News.com

Nirwana Amnur Yusuf – LPP RRI

Hamidah Ridwan- LPP RRI

Oriyen Suebu – SuaraMerdeka.Id

Petrus Boli Lamak – Papua Chanel

Yosep Erwin Nothan Tupen – Papua Chanel

Guntar Paul Silalahi – Papua Barat Pos

Jefry Naikteas – Papua Barat Pos

Guston Siagian – Papua Barat Pos

Boften – Papua Barat Pos

Irianti – Media Kumparan

Azrul – Kabar dari Teluk Bintuni [Kadate)

Mamungka Simanulang – Papua Chanel

Wawan Gunawan – LPP RRI Bintuni

Rohmat Sugianto – Sorot Papua Bintuni

James Aisoki – Arfaknews.com

Simon Patiran – Kasuari Chanel

Haris C Matanubun – Papua Barat Oke

Suan Agus Padang – Tabura Pos

Anda mungkin juga berminat