Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

2019, Kasus Rabies di Ambon Meningkat Drastis

0 46

Ambon, TN – Sejak Januari hingga Februari 2019 ini di Kota Ambon kasus rabies meningkat drastis. Tercatat ada sekitar 101 kasus gigitan hewan, 75 diantaranya telah diberikan suntikan vaksinasi anti rabies. 1 orang dikabarkan meninggal dunia karena penyakit tersebut.

Rabies adalah penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bersifat zoonotik, yaitu dapat ditularkan dari hewan kepada manusia.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan, selama tahun 2018, terdapat 839 kasus gigitan hewan. Yang diberikan suntikan vaksinasi anti rabies sebanyak 566 orang. Sementara yang meninggal dunia di tahun 2018 sebanyak 2 orang.

Terhadap kasus meninggalnya penderita rabies di tahun ini, pemerintah telah memberikan suntikan kepada 13 orang warga yang diduga terinfeksi virus.

“Semuanya telah diberikan suntikan VAR,” ujar Louhenapessy yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada wartawan saat menggelar coffe morning, di Ambon, Kamis (14/2).

Wali Kota mengaku, telah menginstruksikan Dinas Kesehatan Kota Ambon untuk lebih meningkatkan sosialisasi sebagai upaya dalam mencegah bertambahnya jumlah gigitan hewan penular rabies.

“Itu perlu dilakukan sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 5 Tahun 2011 tentang Pengendalian hewan penular rabies. Hal ini untuk meminimalisir angka rabies di Kota Ambon,” tandasnya.(*

Anda mungkin juga berminat